Pospay Dominasi Layanan Kantor Pos

Selasa, 17 Februari 2015 - 11:54 WIB
Pospay Dominasi Layanan Kantor Pos
Pospay Dominasi Layanan Kantor Pos
A A A
PALEMBANG - Transaksi layanan jasa keuangan Kantor Pos Merdeka pada 2014 tercatat mengalami pertumbuhan pos itif hingga 7%.

Diketahui kontribusi terbesar didominasi dari program Pospay yang bertumbuh hingga 53%. Kepala Kantor Pos Palembang Rodi Herawan meng atakan, di sam ping melayani pengiriman surat maupun paket barang, Kan tor Pos memang sudah menerima layanan jasa keuangan antara lain Pospay, Wesel, dan Penyaluran Dana dan Kemitraan Perbankan (PDKP). Layanan-layanan ter se but cukup disambut masyarakat sehingga transaksi keuangan pun meng alami pertumbuhan setiap tahunnya.

Dia merinci, kontribusi Pospay sendiri di Tahun 2014 mencapai Rp65,6 miliar atau tumbuh 53% dari tahun se be lumnya sebesar Rp42,8 miliar. Capaian targetnya sebesar 110%. Sementara, capaian wesel sebe sar 80% dan PDKP 85%. “Secara umum pertumbuhan jasa keuangan sebesar 7%,” sebut Rodi di ruang kerjanya kemarin.

Khusus untuk Pospay, masyarakat banyak me man faatkan layanan ini untuk membayar sejumlah tagihan, seperti listrik (token PLN), PDAM, kredit motor, hingga pem bayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Per tumbuhan transak sinya sendiri dipicu dari pertumbuhan mitra baru Kantor Pos. Seperti, kerja sama dengan PDAM Banyuasin yang memiliki 23.000 pelanggan ataupun PBB Banyuasin dengan 355.000 wajib pajak. “Terbaru, akan diterima juga untuk layanan pembayaran PDAM Tirta Musi Palembang pada Maret mendatang,” cetusnya.

Meski kompetitor banyak, pi haknya yakin masyarakat tetap percaya pada Kantor Pos untuk pembayaran kebutuhan harian tersebut. Sebab, kebanyakan masyarakat masih memerlukan surat resi atau bukti pembayaran yang dicap resmi untuk menghindari kekeliruan pembayaran. “Untuk apresiasi kepada nasabah inilah Kantor Pos menggelar Undian Rp3,5 miliar secara nasional. Pemenang dari Palembang sendiri ada dua orang yakni warga Sekojo dan Sukarami, yang masing-masing melakukan transaksi untuk finance,” beber dia.

Sebagai upaya untuk memacu transaksi, Kantor Pos juga menambah sejumlah agen pos di beberapa titik di Palembang. Saat ini ada sekitar 222 agen dari tahun sebelumnya sekitar 100 agen. Menurutnya, pertumbuhan agen ini di mungkinkan karena kesadaran masya rakat untuk membuka usa ha secara mandiri, meng inga tdengan menjadi agen pos bisa mendapatkan feedari Kantor Pos.

Dihubungi terpisah, salah satu pengelola Agen Pos Sukarami, Bitha mengatakan, dia dan keluarga sudah membuka loket Pospay di kios pulsanya sejak tiga tahun terakhir. Ke untungan menjadi agendiakuinyacukupbesardari setiap tran saksi. “Pastinya kami membantu masyarakat sekitar untuk tidak repot-repot ke Kantor Pos untuk bayar berbagai tagihannya,” katadia.

Yulia savitri
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4187 seconds (0.1#10.140)