Prajurit-Perwira Gowes Masuk Kampung

Kamis, 12 Februari 2015 - 09:14 WIB
Prajurit-Perwira Gowes Masuk Kampung
Prajurit-Perwira Gowes Masuk Kampung
A A A
PALEMBANG - Meningkatkan keamanan sekaligus memantau kecamatan hingga sudut kampung di Kota Palembang, Kodim 0418/Palembang menggelar Patroli Bersepeda, bersama jajaran perwira hingga prajuritnya, kemarin.

Selain dapat menelusuri dan mengenali kawasan, agenda ini ditargetkan dapat meningkatkan interaksi aparat dengan masyarakat sekitar. Komandan Kodim (Dandim) 0418/Palembang Letkol Arm A Mut taqin yang memimpin langsung Patroli Bersepeda, bersama puluhan anggotanya meninjau wilayah Plaju dan sekitarnya.

Mereka bertolak dari Makodim menuju Koramil 418-03 Plaju, melewati Jalan Sudirman menuju KH A Bastari, Tegal Binangun, Kompleks PT Pertamina Plaju hingga Koramil 418-03/Plaju. Di kawasan Tegal Binangun, para prajurit ini diajak melewati jalan rusak.

Menurut Muttaqin, pantauan kondisi jalan ini akan menjadi bahan pengajuan kepada Pemkot Palembang untuk dilakukan perbaikan. Total panjang gowes mencapai 11,28 mil atau sekitar 20 km dengan waktu 59 menit. “Semua perwira di jajaran Kodim 0418 diwajibkan ikut kegiatan ini. Selain sehat, tak lain tujuannya agar dapat mengetahui wilayah Kota Palembang termasuk di pelosok yang hanya bisa dilintasi oleh kendaraan roda dua seperti sepeda ini,” ujarnya di Makoramil 418-03 Plaju kemarin.

Muttaqin menjelaskan, setiap Rabu Kodim dan jajaran melakukan patroli menggunakan sepeda dengan start Kodim dan finis di salah satu dari delapan Koramil. Saat ini sudah berjalan untuk empat Koramil.

“Untuk lintasannya sengaja dicari kawasan pelosok. Kita dapat memerhatikan keamanan setempat, melihat perkembangan infrastruktur di perkampungan itu, bahkan kita pun bisa tahu mana jalan rusak, tak punya kelengkapan apa, bahkan potensi di daerah itu. Jadi kalau ada yang perlu dilakukan perbaikan bisa kami bantu, kalau itu membutuhkan dana besar bisa disampaikan kepada Pemerintah Kota Palembang,” urainya.

Muttaqin menambahkan, untuk sementara, kegiatan ini dipelopori internal Kodim 0418 Palembang, namun ke depannya ma sing-masing Koramil bisa melaksanakannya sendiri. “Jadi nanti Danramil bisa mengajak apa rat pemerintahan di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk bersama melakukan patroli ini sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat bisa diserap dengan baik. Usai patroli kita pun melakukan evaluasi atas kegiatan yang dilaksanakan,” tegasnya.

Di samping itu, dia pun mewajibkan seluruh perwira seperti Komandan Koramil mengikuti kegiatan patroli wilayah. Hal ini dimaksudkan agar para koman dan bisa mengetahui dan melakukan perbaikan, baik infrastruktur maupun potensi lahan yang bisa dimanfaatkan untuk ketahanan pangan.

“Inilah fungsi kita, harus dekat dengan masyarakat. Kita pun mengajak masyarakat untukbercocok tanaman pangan disesuaikan dengan kondisi lahan,” imbuhnya. Sementara itu, Danramil 418- 03 Plaju Kapten Czi Armunadi mengatakan, pihaknya akan melaksanakan perintah dari komandan.

“Sejauh ini yang lebih ditekankan yakni peningkatan pro duksi pangan. Kami akan menindaklanjuti MoU yang sebelumnya dilakukan Dandim dan Dinas Pertanian Palembang,” pungkasnya.

Retno Palupi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5672 seconds (0.1#10.140)