33 Titik Api Terdeteksi di Riau

Senin, 09 Februari 2015 - 17:09 WIB
33 Titik Api Terdeteksi di Riau
33 Titik Api Terdeteksi di Riau
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan di Riau terus terjadi. Hari ini pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mencatat ada 33 titik api.

Berdasarkan data satelit Terra dan Aqua, hot spot berada Kabupaten Meranti satu titik, Siak dua titik, Pelalawan tiga hot spot, serta Rohil empat titik.

"Jumlah hot spot terbanyak di Riau adalah Kabupaten Bengkalis dengan jumlah 23 titik," kata staf analisa BMKG Pekanbaru Slamet, Senin (9/2/2015).

Berdasarkan data, jumlah hot spot hari ini mengalami peningkatan dibanding kemarin yang jumlahnya hanya 31 hot spot.

"Sementara untuk Pulau Sumatera totalnya ada 35 titik dengan jumlah terbanyak tentu Provinsi Riau," tandasnya.

BMKG memperkirakan, peningkatan titik api di Riau sangat berpotensi terjadi mengingat pada Februari ini Riau memasuki musim kemarau. Ini artinya daerah akan mudah terbakar jika tersulut api.

Sementara itu, Ketua Bidang Damkar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis Suiswantoro menyatakan kebakaran hutan dan lahan terjadi di empat kecamatan di wilayahnya. Daerah tersebut adalah di Kecamatan Rupat Utara, Siak Kecil, Bukit Batu, dan Bantan.

"Upaya pemadaman terus dilakukan. Tetapi yang jadi kendala di beberapa titik medannya berat, sehingga menyulitkan petugas memadamkan api."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7389 seconds (0.1#10.140)