Akses Empat Dusun Putus

Senin, 09 Februari 2015 - 14:53 WIB
Akses Empat Dusun Putus
Akses Empat Dusun Putus
A A A
PAGARALAM -
Akses menuju empat dusun di Kecamatan Dempo Utara, yakni Dusun Tanjung Payang, Jangga, Sandar Angin dan Cawang Baru terganggu, akibat putusnya jembatan utama penghubung sejak pagi pukul 06.00 WIB, kemarin.

Informasi yang berhasil dihimpun KORAN SINDO PALEM BANG menyebutkan, jembatan sepanjang 10 meter di atas Sungai Selangis Kecil roboh akibat hujan deras. Padahal, jembatan ini menghubungkan Dusun Cawang Baru, Kecamatan Dempo Utara dengan Dusun Tanjung Payang, Kecamatan Pagaralam Selatan.

Salah seorang warga setempat Tansri , 41, mengaku, hujan deras membuat jembatan di atas Sungai Sel angis Kecik ini ambruk seketika. Akibatnya, lalu lintas terganggu, terutama anak yang akan pergi ke sekolah terpaksa memutar jauh lantaran jalan putus total. “Dari malam hingga pagi hari hu jan turun dengan lebat. Pondasi jembatan tidak dapat menahan debit air yang besar sehingga ambruk,” ujar dia.

Ketika ambruk, terdengar suara dentuman keras yang berasal dari arah jembatan. Setelah ditelusuri suara tersebut ternyata akibat jembatan yang jatuh ke dasar sungai dengan ketinggian 5 meter. “Untung saja pada saat jem batan roboh tidak ada pengguna jalan yang lewat,” paparnya.

Senada diungkapkan Jimmy, debit Sungai Selangis Kecik dalam dua hari terakhir memang meningkat akibat dari musim penghujan yang melanda kota Pagaralam. Luapan air di sertai hujan deras yang mengguyur Pagaralam membuat jembatan tak kuat menahan beban.

“Pondasinya tidak tahan lagi menahan kuatnya arus air. Kemungkinan juga pondasinya meng gantung sehingga langsung ambruk,” kata dia. Lanjut Jimmy, Jembatan Selangis Kecik memang sudah berumur alias tua karena dibangun pada saat Pagaralam masih di bawah Kabupaten Lahat. “Warga bisa melintas, tetapi memutar. Jaraknya juga cukup jauh sekitar 4 kilometer. Jadi, jika ingin cepat terpaksa menyeberangi Sungai Selangis yang debitnya cukup tinggi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Ko ta Pagaralam Novirzah Djazuli didampingi Plt Kepala Dinas PU Hariadi Razak dan Kasi Jembatan dan Jalan Dinas PU Kota Pagar alam Indra Gunawan turun lang sung ke lokasi ambruknya jem batan. Dari hasil tinjauan, Pemkot Pagaralam berencana segera melakukan langkah-langkah perbaikan terhadap Jembatan Selangis Kecik.

“Jembatan ini merupakan satu-satunya akses menuju kebeberapa dusun yang ada di dua kecamatan yang ada. Untuk itu, jembatan dengan panjang 10 meter ini akan diperbaiki,” kata dia.

Agar akses tetap lancar, maka PU Pagaralam akan membangun jembatan darurat di sekitar lokasi. Minimal jembatan bisa dilalui kendaraan roda dua. “Untuk biaya perbaikan kita perkirakan sekitar Rp1 miliar,” tukasnya.

Yayan darwansyah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8054 seconds (0.1#10.140)