Bayi Raksasa Seberat 5,5 Kilo Lahir di Baubau

Jum'at, 06 Februari 2015 - 15:27 WIB
Bayi Raksasa Seberat 5,5 Kilo Lahir di Baubau
Bayi Raksasa Seberat 5,5 Kilo Lahir di Baubau
A A A
KOTA BAUBAU - Bayi raksasa dengan bobot tubuh 5,5 kilogram dan panjang 40 centimeter, dilahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palagimata, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis 5 Februari 2015 malam.

Bayi berukuran jumbo yang lahir melalui proses operasi caesar oleh tim dokter rumah sakit ini merupakan buah hati dari Fitriani Salumi, warga Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton.

Dibandingkan bayi-bayi yang baru lahir pada umumnnya, tubuh bayi perempuan Fitri jauh lebih berat. Jika bayi normal lahir dengan berat badan antara 2,500-3.500 kilogram. Bayi Fitri lahir dengan berat mencapai 5.5 kilogram.

Menurut dokter RSUD Palagimata dr Sadly Salman, kasus bayi besar atau biasa disebut dengan makrosomia sangat jarang terjadi. Pasalnya, di antara banyak kelahiran, hanya sekitar 2% saja yang akan mengalami kelahiran seperti ini.

Saat ditemui di rumah sakit, Fitrianti menuturkan, baru kali ini dia melahirkan bayi dengan berat di atas rata-rata normal. Anak pertama hingga ketiganya, lahir dengan berat badan 3-4 kilogram.

Kelahiran bayi lucu ini menyedot perhatian para pengunjung rumah sakit. Para pengunjung rumah sakit langsung mengabadikan gambar bayi tersebut dengan kamera ponsel mereka.

Selama dua tahun terahir, RSUD Palagimata Kota Baubau telah membantu proses kelahiran bayi berukuran jumbo. Sebelumnya, bayi dengan bobot tubuh 5.8 kilogram disertai gigi dirawat di rumah sakit tersebut.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6397 seconds (0.1#10.140)