Tindak Tegas Pemilik Kapal Tenggelam di Tenggarong

Rabu, 04 Februari 2015 - 20:46 WIB
Tindak Tegas Pemilik Kapal Tenggelam di Tenggarong
Tindak Tegas Pemilik Kapal Tenggelam di Tenggarong
A A A
TENGGARONG - Dugaan sementara penyebab tenggelamnya kapal KM Rina Amelia 1 di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) karena kelebihan kapasitas. Pemerintah Kabupaten Kukar meminta aparat kepolisian untuk menindak jika ada unsur kelalaian.

Bupati Kukar Rita Widyasari menyatakan akan menindak tegas pemilik kapal feri penyeberangan tradisional yang tenggelam pada Rabu (4/2/2015) dini hari. Dia bahkan meminta agar dermaga tujuan kapal ini ditutup sementara selama proses pencarian.

Dia menjelaskan, Pemkab Kukar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar telah menegakkan peraturan yang berlaku seperti, memeriksa kapal-kapal dan menghimbau agar pemilik kapal menyediakan pelampung.

"Kita sudah melaksanakan penegakan aturan, namun terkadang pelaksanaannya yang melanggar. Misalnya kalau kita disuruh pakai helm, tapi tidak dipakai," katanya, Rabu (4/2/2015).

Dalam kasus tenggelamnya kapal ini, Rita menyayangkan kapal yang melebihi kapasitas. Selain itu, kapal ini juga beroperasi pada dini hari saat minim cahaya sehingga rentan terjadi kecelakaan.

"Bahkan kapal ini dilengkapi dengan pelampung namun tidak digunakan sehingga ada korban yang hilang," kata Rita.

Hanya saja, dengan adanya permintaan masyarakat yang ingin kapal feri penyeberangan seperti ini beroperasi hingga malam hari, pihaknya sulit untuk menghalangi karena kebutuhan masyarakat.

"Masyarakat yang meminta. Saya saja pernah menyeberang dengan feri pukul 1 atau 2 malam," ujar Rita.

Rita mengimbau kepada pemilik kapal agar memerhatikan peralatan masing-masing kapal. Jika mesin mati, seperti yang dialami KM Rina Amelia 1, akan ada bahaya yang datang.

Sebelumnya, kapal feri penyeberangan yang terbuat dari kayu tenggelam bersama tiga mobil jenis pikap yang membawa sembako. Satu orang dinyatakan hilang, enam orang lainnya selamat.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5669 seconds (0.1#10.140)