Komisi III Beri Tiga Rekomendasi

Rabu, 04 Februari 2015 - 13:12 WIB
Komisi III Beri Tiga Rekomendasi
Komisi III Beri Tiga Rekomendasi
A A A
SEKAYU - Jalan penghubung Sukarame Kecamatan Sekayu C2 Sungai Lilin dan Desa Pinang Banjar, Kecamatan Sungai Lilin-Kecamatan Keluang, dinilai Komisi III DPRD Muba sangat memprihatinkan dan mendesak untuk diperbaiki.

Ketua Komisi III DPRD Muba Bambang Karyanto mengatakan, jalan tersebut sangat buruk, lantaran banyak terdapat lubang dengan kedalaman bervariasi. Bahkan ada lubang yang dalamnya mencapai 60 cm. Kondisi itu semakin diperparah dengan keadaan iklim. Jika hujan, jalan akan ber lumpur dan kemarau jalan justru berdebu. “Kita sudah lihat langsung kondisi dua jalan penghubung itu. Kondisinya sangat memprihatinkan dan hancur,” ujar Bambang di sela-sela monitoring, kemarin.

Politisi PDI Perjuangan ini menuturkan, jika jalan penghubung yang menjadi akses utama masyarakat itu tidak segera dibenahi, akan tambah hancur dan dipastikan membuat aktivitas ekonomi masyarakat terganggu total. Setelah melihat langsung kondisi jalan, pihaknya memberi tiga rekomendasi pada Dinas PU Bina Marga, yakni melakukan pelebaran jalan penghubung, pembenahan jalan baik secara spot maupun menyeluruh dan harus dilakukan tebang bayang.

“Anggarannya sudah ada dan akan kita masukkan ke APBD 2015 ini. Karena saat ini APBD induk dalam tahap pembahasan, jadi anggarannya bisa dibesarkan. Memang dananya besar, namun harus diprioritaskan, ini demi masyarakat,” jelasnya.

Sementara, anggota Komisi III DPRD Muba Ujang M Amin menjelaskan, pihaknya juga akan meninjau jalan Pal-11 Kecamatan Sekayu-Desai Air Balui, Kecamatan Plakat Tinggi dan Bukit Indah Kecamatan Sekayu- Desa Jirak Kecamatan Sungai Keruh.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Pengawasan Jembatan dan Jalan Dinas PU BM Muba Achmad Abraham mengatakan, perbaikan jalan penghubung merupakan program utama pihaknya pada tahun ini, di antaranya jalan penghubung Kecamatan Keluang menuju Simpang Siku sepanjang 27 km.

Selanjutnya, diteruskan pelebaran-pelebaran dan peningkatan jalan Keluang-Sp Selabu- Desa Dawas-simpang jalan negara atau C2. “Kemudian melanjutkan peningkatan jalan dengan aspal hotmix, di jalan dalam Kelurahan Keluang sepanjang 10 km secara bertahap dan perbaikan juga dari Kecamatan Keluang-Sp Supat- Bandar Jaya,” tutupnya.

Amarullah Diasnyah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6456 seconds (0.1#10.140)