Seekor Lumba-lumba Terdampar di Pantai Parangtritis

Rabu, 04 Februari 2015 - 12:53 WIB
Seekor Lumba-lumba Terdampar di Pantai Parangtritis
Seekor Lumba-lumba Terdampar di Pantai Parangtritis
A A A
BANTUL - Seekor ikan lumba-lumba terdampar di Pantai Parangtritis. Ikan lumba-lumba seukuran tubuh orang dewasa itu terdampar ke tepi laut, berjarak sekitar 50 meter dari bibir pantai.

"Lumba-lumba tersebut sempat menjadi tontonan warga sekitar yang ingin menyaksikan dari dekat," kata Komandan SAR Pantai Parangtritis Ali Sutanto Joko Saputro, kepada wartawan, Rabu (4/2/2015).

Ditambahkan dia, ikan lumba-lumba itu pertama ditemukan oleh seorang warga yang sedang berjalan-jalan di tepi pantai. Melihat ikan tersebut, warga itu langsung melaporkannnya ke posko SAR dan langsung ditindaklanjuti oleh petugas SAR.

"Kondisinya masih dalam keadaan utuh dan sepertinya sehat, dua orang Tim SAR sedang melakukan evakuasi lumba-lumba itu ke tengah laut, khawatir akan mati jika dipinggir pantai," ungkapnya.

Ali menambahkan, petugas SAR nampaknya mengalami kesulitan dalam mengevakuasi ikan lumba-lumba, karena ikan yang konon bersahabat dengan manusia itu tidak ingin kembali ke laut.

Tubuh ikan yang menghadap ke utara (darat) sulit di balik ke arah samudra. Ketika di balik posisi tubuhnya, ikan tersebut balik ke daratan lagi. “Ikannya tidak bersedia kembali kayaknya,” tuturnya.

Karena kesulitan tersebut, petugas harus berjuang sekitar satu jam untuk mengembalikan tubuh ikan itu ke tengah. Kedua petugas SAR harus menggotong tubuh ikan nahas tersebut dan membawanya ke tengah untuk dilepaskan.

"Ketika di tengah, ikan tersebut langsung berenang dan menghilang ditelan ombak Samudera Hindia," jelasnya.

Kejadian terdamparnya ikan lumba-lumba itu merupakan yang kedua kalinya di Pantai Parangtritis. Kejadian pertama berlangsung tahun 2014, saat ikan lumba-lumba yang terdampar ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

Menurut Ali, kemungkinan besar ikan tersebut kebingungan atau memburu makanannya hingga ke tepi. “Biasanya musim-musim seperti ini memang ada yang terdampar,” terangnya.

Warga Parangtritis, Danang mengatakan, kejadian terdamparnya ikan tersebut bukan pertama, karena sebelumnya ada ikan jenis lain yang menepi ke Pantai Parangtritis. Namun kebanyakan terdampar dalam keadaan sudah mati.

“Baru kali ini yang hidup, tadi sebetulnya sudah ada petugas dinas perikanan yang datang, tetapi karena ikannya sudah dikembalikan ke laut, petugas itu kembali lagi,” pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5274 seconds (0.1#10.140)