Pagaralam Kota 1.000 Air Terjun

loading...
Pagaralam Kota 1.000 Air Terjun
Pagaralam Kota 1.000 Air Terjun
KOTA Pagaralam berada di dataran tinggi Gunung Dempo. Bukit Barisan memagari daerah ini dengan gagah sehingga membuat kondisi alam terjaga. Udara sejuk, air dingin bagaikan es membedakan kota kecil ini dengan daerah lain di Sumsel yang terbilang cukup panas.

Berada di dataran tinggi Gunung Dempo membuat Kota Pagaralam memiliki berbagai keunikan, salah satunya air terjun yang menjadi wisata andalan Kota Perjuangan ini.

Saat ini, sudah puluhan air terjun ditemukan dan didata sehingga membuat Kota Pagaralam dijuluki Kota 1.000 Air Terjun. Bagaimana tidak, dalam satu aliran sungai, bisa ditemukan belasan bahkan puluhan air terjun yang indah dan menawan. Bahkan dalam satu hari, tidak cukup untuk menikmati satu per satu air terjun di Kota Pagaralam. Setiap air terjun di daerah Besemah berbeda satu sama lain.

Inilah yang membuat air terjun di Kota Pagaralam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kalau selama ini tidak mendaki ke Gunung Dempo belum sampai ke Kota Pagaralam. Namun, belakangan jika belum mandi di objek wisata air terjun seperti belum lengkap ke Kota Pagaralam. Meskipun mandi tidak sampai lima menit karena airnya terasa menusuk tulang.

Tak ayal, musim liburan tiba wisatawan yang ingin menikmati indahnya suasana objek wisata air terjun harus berdesakan antaran seluruh pengunjung hampir memadati objwk wisata air terjun di Kota Pagaralam. Beruntungnya, pengunjung dapat memilik berbagai objek wisata air terjun yang dapat dijangkau dengan mudah karena sarana dan prasarana sudah dalam kondisi baik. Wali Kota Pagaralam Ida Fitriati Basjuni menuturkan, Kota Pagaralam memiliki puluhan air terjun yang indah dan menawan.

“Mungkin, kondisi ini tidak terjadi dengan daerah lain di Sumsel bahkan di pulau lain. Hal ini sangat unik dan menarik karena dikaki Gunung Dempo terdapat puluhan air terjun yang dapat dinikmati untuk menghilangkan penat dikala berlibur,” jelasnya. Ida menjelaskan, objek wisata air terjun menjadi salah satu andalan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Pagaralam. “Sebab, untuk objek wisata air terjun memiliki banyak pilihan yang dapat ditentukan oleh pengunjung itu sendiri,” kata dia.



Menurutnya wajar jika Kota Pagaralam disebut serpihan surga oleh berbagai pihak karena kondisinya masih alami, terhindar dari polusi. Hutan, udara, air dan tanah belum terkontaminasi. Semua itu yang dicari pengunjung agar semua kepenatan hilang karena susasana yang nyaman, aman dan tenang. “Kami sering mempromosikan Kota Pagaralam di luar daerah. Setelah berkunjung mereka sangat senang karena kondisi Kota Pagaralam masih alami. Bahkan, seluruh objek wisatanya tidak kalah dengan daerah lain,” bebernya.

Wakil Wali Kota Pagaralam Novirzah Djazuli menuturkan, saat ini pihaknya bersama tim dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali mendata objek wisata air terjun yang baru ditemukan. Setelah didata, kata dia, bisa dikelolah dengan baik oleh masyarakat setempat sehingga mampu menumbuhkan ekonomi kerakyatan bagi warga Kota Pagaralam.

“Memang banyak air terjun yang baru dan belum terkelola. Nantinya, objek wisata baru ini akan kami bangun sehingga bisa dikunjungi wisatawan. Kami yakin, wisatawan terkesan pada keindahan objek wisata air terjun di Kota Pagaralam,” jelasnya.

Yayan darwansah
(ars)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top