Tugas Berat Menanti di PALI

Selasa, 27 Januari 2015 - 11:06 WIB
Tugas Berat Menanti di PALI
Tugas Berat Menanti di PALI
A A A
PALI - Sebanyak 25 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dilantik dan diambil sumpahnya di balai pertemuan kompleks Pertamina EP Pendopo Talang Ubi, kemarin.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Muaraenim Abu Hanifah. Usai di lantik, dua orang anggota DPRD masing-masing Martadinata dari PDI-P dan Devi Herianto dari Partai Demokrat didaulat sebagai ketua dan wakil ketua sementara DPRD Kabupaten PALI. Dari 25 orang anggota DPRD PALI yang dilantik, 10 orang di antaranya adalah mantan anggota DPRD Muara enim daerah pemilihan (dapil) 2 yang meliputi wilayah Kabupaten PALI.

Sementara, 15 orang di antaranya adalah caleg terpilih yang sudah ditetapkan melalui rapat pleno KPU Kabupaten Muaraenim beberapa waktu lalu. Ketua sementara DPRD PALI Martadinata mengatakan, dengan telah dilantik dan diambil sumpahnya anggota DPRD PALI, maka pihaknya akan mulai efektif untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat.

Apalagi menurutnya, mereka dilantik dan diambil sumpah sebagai anggota DPRD PALI adalah untuk yang pertama kali. “Tugas dan tanggung jawab sudah menanti kita, dan kepada semua pihak yang terlibat baik dalam pelaksanaan pemilu hingga pelantikan hari ini kami mengucapkan terima kasih banyak,” ujarnya.

Penjabat Bupati PALI Heri Amalindo dalam sambutannya mengatakan, dengan telah dilantiknya anggota DPRD PALI, maka menjadi tonggak sejarah awal proses pemerintahan di Kabupaten PALI yang melibatkan pihak eksekutif dan legislatif. Dirinya mengajak, semua pihak untuk bersama dan bahu membahu dalam membangun dan memajukan Kabupaten PALI yang merupakan Daerah Otonom Baru (DOB) hasil pemekaran dari Kabupaten Muaraenim.

“Mari kita bersatu bahu membahu membangun PALI, lupakan semua perbedaan dan kita harus bersatu. Ibarat bangunan, kita ini adalah kumpulan material yang harus menyatu hingga menjadi kuat dan kokoh,” katanya. Sementara, Wakil Ketua sementara DPRD PALI Devi Herianto menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera menggelar rapat pimpinan. “Kalau untuk saat ini wakil ketua baru satu dan sifatnya sementara, nanti akan ada dua wakil ketua,” ujarnya.

Secara komposisi menurutnya, untuk jabatan Ketua DPRD Kabupaten PALI jelas akan diisi anggota yang berasal dari PDI-P. Sementara, untuk posisi wakil ketua kemungkinan besar nanti akan diisi oleh anggota DPRD dari Partai Demokrat dan PAN.

Irhamudin sp
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5243 seconds (0.1#10.140)