Asprov PSSI Jabar Tunjuk Warta Kusumah Pelatih PON

Selasa, 27 Januari 2015 - 10:42 WIB
Asprov PSSI Jabar Tunjuk Warta Kusumah Pelatih PON
Asprov PSSI Jabar Tunjuk Warta Kusumah Pelatih PON
A A A
BANDUNG - Teka teki siapa jajaran pelatih yang akan menangani tim sepak bola Jawa Barat dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 mendatang akhirnya terjawab.

Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Barat menetapkan Warta Kusumah sebagai pelatih kepala. Sementara Mustika Hadi dan Asep Mulyana dipercaya untuk menjadi asisten pelatih. Untuk posisi pelatih kiper dipercayakan kepada Boyke Adam. Sedangkan pelatih fisik ditangani Dino Sefriyanto. Untuk pelatih tim futsal Jabar, Asprov PSSI Jabar menunjuk Panca Fauzi dan Adi Sopidi Sulaeman.

Sedangkan untuk pelatih kiper dipercayakan kepada Ayi M Yusuf, dan pelatih fisik menunjuk Arief Gustara. Penetapan para pelatih tersebut berdasarkan hasil keputusan rapat bersama yang didasari dari berbagai pertimbangan selama mereka mengikuti seleksi yang diawali dengan pemaparan visi dan misi serta praktik yang berlangsung empat hari pada pekan lalu.

Ketua Asprov PSSI Jawa Barat, Duddy Sutandi mengatakan keempat figur yang terpilih untuk menukangi tim sepak bola PON XIX ini dipilih lantaran memperoleh nilai yang memuaskan selama mengikuti seleksi. Untuk selanjutnya, para pelatih yang telah ditetapkan akan diberikan mandat dan langsung melakukan tugas utama seperti menjaring calon pemain yang saat ini ada sekitar 80 pemain.

Para pemain tersebut, kata Duddy mayoritas berasal dari hasil Pekan Olahraga Daerah (Porda) di Kabupaten Bekasi 2014 lalu. Selebihnya berasal dari klub-klub di Jabar. “Rencananya seleksi akan dilakukan di lapangan Arcamanik Bandung. Lalu akan dijaring lagi menjadi sekitar 30 pemain,” ujar Duddy saat ditemui di Gedung Asprov PSSI Jabar, Lodaya Bandung, kemarin.

Selama persiapan, lanjut dia, skuat tim sepak bola Jabar akan terus dibina bahkan akan diikutsertakan pada berbagai kegiatan seperti Liga Nusantara dan beberapa laga uji coba. Lebih lanjut, Duddy menilai, penjaringan figurfigur pelatih PON Jabar sesuai dengan aturan main dimana yang terpilih adalah yang benar-benar siap dan memiliki kapabilitas untuk menjadi seorang pelatih yang memiliki komitmen kuat untuk meraih medali emas PON XIX/2016.

“Selama saya menyaksikan seleksi baik di saat pemaparan maupun praktik, semuanya memang memiliki kualitas yang bagus. Tetapi, dengan seleksi ketat itulah maka akhirnya terlihat mana yang benar-benar siap. Saya ucapkan selamat bertugas bagi mereka yang terpilih dan ini sangat ideal,” jelasnya. Duddy berpesan, kepada para pelatih yang belum mendapatkan kesempatan jangan berkecil hati.

Sebab kata dia, mereka yang tidak lolos seleksi tetap masuk dalam daftar inventarisir Asprov untuk dimasukan pada bank data pelatih di Jawa Barat. “Program kami tidak hanya sampai di PON, masih banyak yang harus dikejar. Karena itu, para pelatih itu nantinya akan diberdayakan, saya kira semuanya siap jika kami tunjuk untuk menangani tim selain PON, karena semua yang masuk memiliki potensi, untuk menangani tim di ajang Piala Djamiat Dalhar, Haornas, maupun Suratin Cup,” tuturnya.

Sementara untuk posisi lainnya seperti manajer dan ofisial tim, akan ditunjuk dalam waktu dekat termasuk calon pelatih futsal. Karena menurutnya, Asprov tidak bisa menunda lagi untuk segera memiliki tim sepakbola maupun futsal. “Menuju tahun 2016 saya kira tidak akan terasa dan jika kami mempersiapkan sejak sekarang saya kira sangat pas. Kami harus segera memiliki tim sepakbola maupun futsal karena memang sasaran dan targetnya adalah untuk meraih medali emas PON 2016 nanti,” paparnya.

Sementara itu, penanggung jawab penilaian calon pelatih yang juga Sekjen Asprov PSSI Jawa Barat, Sidik Jafar, menambahkan, bahwa penetapan dan penunjukan para pelatih tim PON tersebut dilakukan dalam rapat internal dengan jajaran pengurus dan Komite Eksekutif Asprov PSSI Jawa Barat.

“Kami sempat merasa bingung karena semua yang mengikuti seleksi memiliki kapasitas maupun kualitas yang sama, namun ada beberapa kriteria yang akhirnya kami menunjuk keempat orang pelatih seperti yang telah umumkan, saya pun berharap mereka yang terpilih bisa menjalankan amanah ini dengan sungguhsungguh untuk memenuhi target Jabar Kahiji,” tandasnya.

Muhammad Ginanjar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6030 seconds (0.1#10.140)