Polres Kuningan Gelar Razia 3C

Senin, 26 Januari 2015 - 11:25 WIB
Polres Kuningan Gelar Razia 3C
Polres Kuningan Gelar Razia 3C
A A A
KUNINGAN - Beberapa aksi kriminalitas di wilayah Kabupaten Kuningan membuat jajaran polres setempat memerketat wilayah, salah satunya dengan merazia kendaraan bermotor pada Sabtu malam.

Target operasi tersebut adalah untuk antisipasi kejahatan seperti pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) hingga premanisme dan narkoba. Kegiatan razia kali ini di laksanakan di ruas Jalan Raya Caracas sebagai gerbang masuk wilayah Kuningan dari arah selatan. Sedikitnya 30 personel gabungan fungsi Polres Kuningan di kerahkan.

Satu persatu kendaraan bermotor roda empat dan roda dua yang melintas dihentikan untuk diperiksa baik surat – surat maupun isi didalam kendaraan. Petugas memeriksa dengan teliti setiap ruangan dalam kendaraan mencari benda-benda yang membahayakan seperti sen jata tajam, senjata api atau benda berbahaya lain yang dapat digunakan untuk melakukan tindakan kriminal.

Razia tengah malam tersebut membuat sejumlah pemilik kendaraan terutama roda dua memilih memutar berbalik arah karena takut terkena razia. Hingga hampir dua jam kegiatan operasi, petugas tak mendapatkan target yang dicari, kecuali beberapa kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat sehingga hanya dikenakan sanksi tilang.

Kabag Ops Polres Kuningan Kompol Yana Nurhadiana mengungkapkan, kegiatan tersebut adalah operasi rutin yang di tingkatkan untuk menciptakan kondisi di wilayah Kabupaten Kuningan lebih kondusif. “Ini untuk mengantisipasi kejahatan atau kriminalitas baik kekerasan maupun aksi curas, curat, dan curanmor, premanisme dan narkoba,” kata Yana.

Kegiatan razia seperti ini, lanjut Yana, akan terus digelar namun dengan waktu yang tidak tentu bisa siang atau malam hari. Hal ini sebagai antisipasi kemungkinan tindakan kriminal di Kabupaten Kuningan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu ketika ada warga Purwakarta menjadi korban pem bunuh an temannya sendiri.

“Jangan sampai kejadi seperti itu terulang kembali. Sasaran utama kami bukan terhadap pelanggaran lalu lintas melainkan pemeriksaan terhadap barang bawaan masing – masing penggunan lalu lintas.

Namun jika ditemukan kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat, maka tetap akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegas Yana.

Mohamad Taufik
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2631 seconds (0.1#10.140)