6 Jenazah Korban AirAsia Sulit Teridentifikasi

Senin, 19 Januari 2015 - 18:58 WIB
6 Jenazah Korban AirAsia Sulit Teridentifikasi
6 Jenazah Korban AirAsia Sulit Teridentifikasi
A A A
SURABAYA - Tim DVI kesulitan mengidentifikasi enam jenazah penumpang pesawat AirAsia QZ8501 di RS Bhayangkara Polda Jatim. Tim DVI seperti menemukan jalan buntu, karena data yang dimiliki sangat minim.

Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol Budiono mengatakan, tim DVI kesulitan dalam melakukan identifikasi enam jenazah yang tersisa, dari 51 jenazah yang sudah dikirim ke RS Bhayangkara. Kesulitan itu, karena data postmortem dan antemortem.

"Kesulitannya karena data antemortem dan postmortem belum lengkap. Misalnya, info keluarga tentang data gigi yang belum lengkap. Kita juga terus berusaha untuk menghubungi dokter gigi, meski belum membuahkan hasil," kata Budiono, di Mapolda Jatim, Senin (19/1/2015).

Termasuk, Tim DVI juga berusaha mencarai tentang pemakaian gigi palsu yang ada pada jenazah. Menurutnya, sample DNA yang telah didapat tidak membantu kelancaran identifikasi.

Ternyata, ada beberapa korban yang setelah dilakukan pemeriksaan tidak muncul profil DNA. Sehingga, tim harus melakukan pelacakkan lagi. Budiono juga menyebut, keterangan keluarga yang menyebut ciri-ciri fisik korban baik tahu lalat, bekas operasi, dan lain-lain juga belum membuahkan hasil. Hal ini karena kondisi jenazah korban AirAsia yang kurang bagus.

Meski hari ini belum bisa mengidentifikasi enam jenazah yang tersisa, Tim DVI tidak patah semangat. Pihaknya akan terus melakukan penelusuran riwayat korban, termasuk ke sejumlah dokter yang pernah merawat korban, hingga ke puskesmas.

"Jadi, ini bukan alasan kami tidak melakukan identifikasi," lanjutnya.

Tak hanya itu, Tim DVI juga melakukan penelusuran beberapa barang pribadi milik korban, utamanya yang ada di rumah.

Sementara, hingga petang ini, RS Bhayangkara Polda Jatim mencatat‎ telah menerima 53 jenazah. Rinciannya, ada 45 jenazah teridentifikasi, enam jenazah lainnya masih dilakukan rekonsiliasi, dan dua jenazah baru tiba sore ini.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0401 seconds (0.1#10.140)