186 Babinkamtibmas Siap Terjun ke Masyarakat

Sabtu, 17 Januari 2015 - 09:49 WIB
186 Babinkamtibmas Siap Terjun ke Masyarakat
186 Babinkamtibmas Siap Terjun ke Masyarakat
A A A
CIMAHI - Sebanyak 186 petugas Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (babinkamtibmas) siap diterjunkan ke masyarakat setelah menyelesaikan pelatihan bimbingan teknis (bimtek).

“Kami melakukan bimtek selama empat hari sebelum mereka diterjunkan ke desa-desa yang menjadi binaannya nanti untuk pengamanan dan pengawasan,” ungkap Kapolres Cimahi AKBP Erwin Kurniawan seusai melakukan apel bersama antara babinkamtibmas, babinsa, lurah dan kades dalam acara penutupan bimtek di Mapolres Cimahi kemarin.

Erwin mengatakan, program bimtek ini dilaksanakan sebagaimana program pemerintah menjaga keamanan negara di tengah-tengah masyarakat. Ditargetkan nantinya ada satu polisi di satu desa sebagai petugas babinkamtibmas. Hadirnya babinkamtibmas di tengah masyarakat untuk mengeliminir potensi terjadinya konflik antar warga. Serta bisa menjadi mitra bersama babinsa dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintahan desa.

Erwin menyebutkan, pada 2014 pihaknya hanya memiliki anggota babinkamtibmas sebanyak 89 anggota untuk memenuhi 186 desa dan kelurahan. Jumlah tersebut masih kurang jika dikaitkan dengan program satu desa satu polisi. “Kami penuhi dengan menambah 97 anggota babinkamtibmas sehingga sudah terpenuhi 186 babinkamtibmas,” ungkapnya.

Selain menjaga keamanan desa, lanjut dia, para babinkamtibmas ini juga nantinya menjadi regulator dan pengawasan terkait rencana bantuan dari pemerintah pusat yang akan disalurkan ke setiap desa yang masing-masing desa rencananya menapatkan bantuan sebesar Rp1,4 miliar.

“Termasuk mengawasi rencana bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp1,4 miliar itu, agar tidak terjadi penyalahgunaan anggaran dari pusat kepemerintahan desa,” pungkasnya.

Nur Azis
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6545 seconds (0.1#10.140)