Tahanan Kabur, Kapolsek IT II Dicopot

Selasa, 13 Januari 2015 - 14:14 WIB
Tahanan Kabur, Kapolsek IT II Dicopot
Tahanan Kabur, Kapolsek IT II Dicopot
A A A
PALEMBANG - Kapolsekta IT II Palembang Kompol Ary Sudrajat dalam waktu dekat akan dimutasi pascakaburnya empat tahanan Polsek Ilir Timur II, Palembang, dari sel setelah membobol atap ma polsek, Minggu (11/1).

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Kabid Propam Polda Sumsel, di temukan sejumlah kelalaian da lam menjalankan tugas. Yang ber sangkutan selaku pimpinan pol sek dinilai lalai menjaga tahanan. Untuk itu, dimutasi dalam waktu dekat,” kata Kapolresta Palembang Kombes Pol Sabaruddin Ginting, didampingi Kabid Pro pam Polda Sumsel Kombes Pol Diediek, di Mapolda Sumsel, kemarin.

Selain memutasi kapolsekta, sejumlah anggota Polsekta IT II Palembang saat ini masih dalam ta hap pemeriksaan. Apabila ditemukan unsur kelalaian, maka akan dikenakan sanksi sesuai kesalahan. “Sekarang kami sedang mencari perwira Polri yang dinilai te pat menempati posisi Kapolsekta IT II Palembang. Kami usa - hakan kelar pekan ini,” tegas dia. Ginting menegaskan, sanksi yang diberikan terhadap Kompol Ary Sudrajat juga berlaku bagi seluruh kapolsekta di Palembang.

Dia berharap, ke depan tidak ada lagi tahanan kabur dan pimpinan polsek harus fokus menjalankan tu gas. “Jika ada kejadian serupa terulang, Bid Propam Polda Sumsel segera memberi sanksi jika dalam pemeriksaan ditemukan kelalaian,” kata Ginting. Menurutnya, selain pemberian sanksi, pemeriksaan kondisi ruang tahanan di seluruh mapolsek di Palembang perlu dilakukan.

“Hampir seluruh sel mapolsekta di Palembang kondisinya ra wan karena faktor usia sehing - ga mudah dirusak tahanan. Untuk itu, akan ada perombakan terhadap sel tahanan,” jelasnya. Mengenai perkembangan terhadap pencarian empat tahanan yang kabur dari Polsekta IT II Palembang, Ginting menegaskan, satu tahanan sudah kembali mendekam di ruang tahanan.

“Tahanan bernama Aan datang menye rahkan diri 24 jam seusai melakukan aksinya. Sementara, ketiga rekannya hinggasaat inimasihdi cari. Kami imbau kepada mereka untuk menyerahkan diri. Foto ketiganya akan disebar melalui media cetak dan elektronik,” pung kas Ginting. Kabid Propam Polda Sumsel Kom bes Pol Diediek membenarkan adanya unsur kelalaian aparat Polsekta IT II Palembang sehingga empat tahanan kabur dari sel.

“Sudah delapan anggota yang kami periksa dan diketahui adanya kelalaian. Sebagai pimpinan, Ary (kapolsek) harus bertanggung jawab,” kata dia. Sementara itu, pantauan KORAN SINDO PALEMBANG,seki tar pukul 09.00 WIB, kemarin se jumlah petugas Propam Polda Sum sel dan Propam Polresta Pa lem bang me lakukan pemeriks aan ke sel tahanan Polsek IT II Pa lembang.

Tak lama kemudian, Wakapolresta Palembang AKBP Iskandar HZ juga da tang melihat langsung sel yang dibobol hingga keempat tahanan kabur. ”Kami sudah siapkan tim khu sus gabungan untuk mengejar tahan yang belum tertangkap. Tahan kabur sempat mengancam ta hanan lain sebelum melakukan aksinya. Mereka kabur dari teras depan halaman sel,” ungkap Iskandar, kemarin.

Dia menuturkan, setiap sel di In donesia harus sama, yakni plafon harus ada terali besi. Selanjutnya, kata dia, setiap anggota yang bertugas di polsekta harus cek setiap waktu untuk memantau ta - hanan.

“Sanksi pasti diberikan kepada anggota yang lalai. Untuk sel tahan polsek di Palembang, memang belum layak dan sempurna. Jadi, kamiakanberupaya memper baiki sel tahanan yang kurang baik kondisinya,” tuturnya.

Bubun kurniadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3499 seconds (0.1#10.140)