Truk Terguling, Pantura Macet 3 Jam

Senin, 12 Januari 2015 - 19:37 WIB
Truk Terguling, Pantura Macet 3 Jam
Truk Terguling, Pantura Macet 3 Jam
A A A
PASURUAN - Jalur pantura yang menghubungkan Surabaya-Probolinggo kembali lumpuh sekitar tiga jam, Senin (12/1/2015). Kemacetan panjang ini dipicu kecelakaan dua truk di tempat berbeda, yakni di Jalan Raya Bangil dan Jalan Raya Bendungan, Kraton Kabupaten Pasuruan.

Di Jalan Raya Bangil, sebuah dump truk pengangkut pasir dari arah Pasuruan ke Surabaya terguling. Sementara dalam waktu yang hampir bersamaan, di Jalan Raya Bendungan sebuah truk fuso Nopol DR 8532 AC yang bermuatan besi dari arah Surabaya ke Pasuruan, tengah dievakuasi dengan menggunakan crane setelah terguling ke dalam parit.

Akibat kecelakaan dan proses evakuasi di dua titik tersebut, jalur pantura mengalami kemacetan sekitar tiga jam lamanya. Untuk mengantisipasi kemacetan yang makin mengular, petugas kepolisian memberlakukan contra flow bagi kendaraan yang melaju baik dari arah Surabaya maupun dari arah Probolinggo.

Pengangkatan badan truk yang masuk parit sedalam 4 meter menjadi tontotan warga. Proses evakuasi seluruh badan truk yang masuk ke parit menjadikan persiapan evakuasi berlangsung lama.

Petugas Satlantas Polres Pasuruan Kota Bripka Lailul Udin Alza mengatakan, proses evakuasi truk baru bisa dilakukan setelah mendapatkan bantuan crane dari sebuah perusahaan.

Truk yang dikemudikan Muhidin (35), sedianya akan mengantar besi beton ke Pulau Lombok. Kecelakaan itu terjadi setelah sopir tak mampu mengendalikan laju kendaraannya karena ada bus yang berhenti mendadak. Untuk menghindari tabrakan, sopir membanting setir ke kiri.

"Truk menabrak pembatas jalan dan hilang keseimbangan sehingga masuk ke parit," kata Bripka Lailul.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5609 seconds (0.1#10.140)