KNKT Belum Tahu Lokasi Kotak Hitam AirAsia

Jum'at, 09 Januari 2015 - 18:47 WIB
KNKT Belum Tahu Lokasi Kotak Hitam AirAsia
KNKT Belum Tahu Lokasi Kotak Hitam AirAsia
A A A
PANGKALAN BUN - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sampai saat ini belum mendapat informasi mengenai keberadaan black box atau kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501.

Investigator KNKT Nurcahyo Utomo berharap, kotak hitam itu benar-benar ada di bagian ekor yang ditemukan.‎

"Kita masih berharap black box ada di situ (ekor pesawat)‎," kata Nurcahyo di Posko Utama Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Jumat (9/1/2015).

Ia menambahkan, para penyelam yang fokus pada pencarian kotak hitam sudah diajarkan bagaimana caranya melepaskan kotak yang biasanya berwarna jingga itu. Namun sekali lagi, posisi kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501 itu belum diketahui secara pasti.

‎"Kalau benar ada di situ (ekor), tadi penyelam sudah kami ajarkan bagaimana cara melepas dan membukanya. Tapi kita tak tahu posisinya di mana," ucap Nurcahyo.

Terkait terdeteksinya pinger dari ULB, kata Nurcahyo, sinyal itu menunjukkan tempat atau lokasi berada.‎ Sementara memori modul adalah tempat penyimpanan data rekaman Flight Data Recorder (FDR) dan Voice Cockpit Recorder (VCR).

"Pinger itu hanya untuk mendeteksi, menunjukkan tempatnya. Sementara data itu ada di memori modul, sehingga dua benda itu memungkinkan terpisah. Yang penting kita cari memori modul, setelah ketemu, pinger kita buang tak masalah."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8185 seconds (0.1#10.140)