PDIP Buka Pendaftaran Cawali

Rabu, 07 Januari 2015 - 09:21 WIB
PDIP Buka Pendaftaran Cawali
PDIP Buka Pendaftaran Cawali
A A A
SEMARANG - DPC PDIP Kota Semarang kemarin mulai membuka pendaftaran calon wali kota-wakil wali kota periode 2016-2021. Waktu pendaftaran akan ditutup pada Rabu (21/1).

“Pembukaan pendaftaran ini juga sebagai kado HUT ke- 42 PDIP yang akan dilaksanakan pada 10 Januari mendatang,” kata Ketua Tim Penjaringan bakal calon wali kota-wakil wali kota DPC PDIP Mahyudin Siradz didampingi sekretaris tim Bambang Sutrisno dalam jumpa pers kemarin.

Bambang Sutrisno mengatakan, saat ini aturan main pemilihan kepala daerah (pilkada) memang belum jelas, apakah menggunakan UU No 32/2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengamanatkan kepala daerah dipilih DPRD atau Peraturan Pemerintah Pengganti Undangundang (Perppu) yang mengatur kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat.

Meski demikian, DPP PDIP sudah menginstruksikan agar jajaran partai di tingkat cabang segera membentuk tim penjaringan. Pada surat bernomor 5702/IN/DPP/XII/2014 partai meminta agar daerah yang akan menggelar pilkada segera membentuk tim penjaringan. “Kami membuka pintu seluas-luasnya kepada siapa saja untuk mendaftar, tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi, baik itu internal partai maupun persyaratan perundangan,” paparnya.

Panitia akan menerima seluruh pendaftaran, setelah dilakukan verifikasi para kandidat yang memenuhi syarat ini wajib mengikuti sekolah oleh partai. Mengenai teknis pelaksanaan sekolah serta jangka waktunya, Bambang Sutrisno mengaku tidak mengetahui secara persis karena semua diatur oleh DPP PDIP.

Setelah mengikuti sekolah partai, para kandidat akan dipilih melalui rapat kerja cabang khusus atau rakercabsus untuk menentukan siapa kandidat yang akan diajukan. “Pengajuan nama ke DPP PDIP melalui DPD PDIP Jateng guna dimintakan rekomendasi dan diajukan pada pilwalkot,” katanya.

Sementara itu, Mahyudin Siradz menambahkan, pendaftaran dibuka selama jam kerja hingga Rabu (21/1). DPC PDIP tidak menutup kemungkinan berkoalisi dengan partai lain jika nantinya ditentukan pencalonan calon wali kota-wakil wali kota satu paket. Wakil Ketua DPC PDIP Kota Semarang HM Rukiyanto menyatakan kesiapannya mendaftar sebagai calon wakil wali kota.

“Saya akan mendaftar sebagai calon wakil wali kota. Sebagai politikus, tentu saya ingin berkiprah lebih jauh dalam membangun Kota Semarang. Jadi, posisi wakil wali kota saya kira pas,” ucapnya.

M Abduh
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5838 seconds (0.1#10.140)