Warga Perbaiki Sendiri Jalan Rusak

Selasa, 06 Januari 2015 - 10:36 WIB
Warga Perbaiki Sendiri...
Warga Perbaiki Sendiri Jalan Rusak
A A A
MUARAENIM - Karena kondisi jalan desa yang mengalami kerusakan dan tidak kunjung mendapat perbaikan dari pemerintah setempat, akhirnya puluhan warga Desa Muaraemil, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim berinisiatif memperbaiki sendiri.

Karena menurut warga, keberadaan jalan tersebut sangat penting sebagai sarana utama transportasi warga untuk berangkat ke kebun dan ke ladang. Akibat kerusakan jalan selama ini warga menjadi kesulit an melewati akses jalan tersebut terutama untuk membawa hasil bumi, seperti kopi dan getah karet hasil sadapan. Bahkan, agar kondisi jalan tidak mudah rusak di titik-titik tertentu, warga memasang besi sebagai tulang coran.

Meskipun menurut warga, besi yang di gunakan adalah besi bekas, bah kan ada yang bekas potongan ranjang besi. Mereka berharap kondisi jalan tidak mudah rusak lagi. Gotong royong warga tersebut langsung di komandoi Kades Muaraemil Hairin Mudun dan perangkatnya. Jalan yang diperbaiki menurutnya, tidak kurang 4 kilometer. Hanya saja yang mengalami kerusakan parah hanya beberapa meter.

Sementara, badan jalan diperbaiki dengan cara tambal sulam dengan menggunakan adukan semen cor. “Kita juga libatkan pihak kecamatan, unsur pemuda termasuk pengurus Forum Panang Ulu Puluh,” ungkapnya, kemarin. Menurutnya, jalan itu merupakan jalan penghubung antara Desa Muaraemil dan Pagar Dewa. Perbaikan sendiri menurutnya, dimulai dari pangkal Jembatan Air Paruku hingga tembus ke Desa Pagar Dewa.

“Jalurnya bisa dikatakan me rupakan jalur utama desa sehingga keberadaan jalan sangat penting bagi masyarakat dalam beraktivitas,” ujarnya. Abdul Majid, 50, warga setempat mengatakan, inisiatif tersebut datang sendiri mengingat kondisi jalan sudah sangat rusak, bahkan di titik jalan yang dicor dengan besi tersebut sepeda motor saja sudah sulit untuk lewat, apalagi kendaraan roda empat. Dia menambahkan, jika harus menunggu dari pemerintah, tahun ini saja belum tentu diperbaiki. Sementara, keberadaan jalan tersebut sangat penting.

“Kita kalau mau ke Tanjung Agung atau ke Tanjung Enim harus melalui jalan itu, sementara kondisinya sangat rusak, jadi demi kenyamanan dan kelancaran. kita lakukan gotong royong itu,” tegasnya.

Irhamudin sp
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4775 seconds (0.1#10.140)