Pagi Ini, 89 Penyelam Cari Black Box AirAsia

Minggu, 04 Januari 2015 - 06:30 WIB
Pagi Ini, 89 Penyelam...
Pagi Ini, 89 Penyelam Cari Black Box AirAsia
A A A
JAKARTA - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Soelistyo menyatakan, pagi ini pihaknya akan menerjunkan puluhan penyelam di titik ditemukannya empat objek besar yang diduga bangkai pesawat AirAsia QZ8501.

Soelistyo memaparkan, malam ini KM Purworejo tengah membawa 12 penyelam dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, ke titik lokasi area prioritas.

Sementara itu, KM Banda Aceh membawa 47 penyelam, terdiri dari delapan penyelam kapal Tunda Samudera, dan juga 22 penyelam dari Rusia yang telah siap di lokasi.

"Termasuk ada peralatan robot yang fokusnya untuk mengangkat black box jika ditemukan," kata Soelistyo, di Kantor Basarnas, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (3/1/2014).

Menurut Soelistyo, penyelaman sedianya akan dilakukan sore tadi. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa cuaca baru membaik saat matahari telah terbenam. Sementara itu, di waktu bersamaan, arus laut di bawah masih kencang.

"Hari ini kami punya harapan. Semoga ketinggian gelombang sesuai ramalan 1,5 sampai 2 meter. Ini berarti memberikan peluang buat kita untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari hari ini," kata Soelistyo.

Ditegaskan Soelistyo, fokus pencarian para penyelam bukan untuk mengangkat puing pesawat, tapi mencari korban yang masih terjebak di dalam pesawat. Selain itu juga menemukan black box dan flight recorder pesawat tersebut.

"Hari ini penemuan jenazah masih berjumlah 30 orang. Seluruhnya sudah berada di Surabaya untuk diidentifikasi. Semoga besok hasilnya lebih baik," tutup Soelistyo.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5481 seconds (0.1#10.140)