Ini Kronologi Penemuan Dua Objek Pesawat AirAsia

Sabtu, 03 Januari 2015 - 11:22 WIB
Ini Kronologi Penemuan Dua Objek Pesawat AirAsia
Ini Kronologi Penemuan Dua Objek Pesawat AirAsia
A A A
JAKARTA - Badan SAR Nasional (Basarnas) berhasil mendeteksi dua objek besar di titik prioritas zona evakuasi pesawat AirAsia QZ8501.

Dua objek besar tersebut di antaranya satu buah objek berbentuk tiga dimensi berukuran 9.2×4.6×0.5 meter dan satu objek dua dimensi berukuran 7.2×0.5 meter.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Soelistyo mengatakan, penemuan dua objek besar yang letaknya saling berdekatan tersebut bermula dari laporan yang disampaikan oleh pesawat C130 Hercules TNI AU yang menemukan diduga bayangan pesawat.

"Dan saya jawab tidak confirm, tapi itu jadi bagian dari informasi kita," kata Soelistyo di Kantor Basarnas, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (3/1/2015).

Dari hasil perhitungan Basarnas, termasuk evaluasi dari temuan jenazah dan bagian-bagian lain dari pesawat, akhirnya pihak Basarnas menentukan area prioritas.

KRI Bung Tomo pun dikirim untuk melakukan operasi pencarian dengan sistem sonar di daerah prioritas. Hasilnya, pada hari Jumat (2/1/2015) pukul 07.40 berhasil menemukan sinyal di bawah permukaan air laut.

Kapal Geo Survei yang memiliki alat untuk melakukan tindakan lanjutan dari temuan sonar ini akhirnya merapat ke KRI Bung Tomo dan berhasil menemukan dua objek besar.

"Hasilnya dari operasi tadi malam pukul 23.40 berhasil mendeteksi objek cukup besar dimensinya sebanyak dua buah. Posisinya berdekatan antara satu dengan lainnya," kata Soelistyo.

Untuk memastikan dua objek besar itu, lanjut Soelistyo, kini pihaknya tengah berusaha menurunkan Remotely Operated Vehicle (ROV) ke bawah permukaan laut guna mendapatkan actual picture benda yang ada di dasar laut.

"Kita tinggal menunggu actual picture yang kita tuju setelah ROV kita melakukan kegiatan di bawah air. Hari ini kita masih berjuang dengan kondisi gelombang yang cukup tinggi di lapangan."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9360 seconds (0.1#10.140)