Pencarian Korban AirAsia, Sektor Prioritas Diberi Warna Merah

Jum'at, 02 Januari 2015 - 10:19 WIB
Pencarian Korban AirAsia, Sektor Prioritas Diberi Warna Merah
Pencarian Korban AirAsia, Sektor Prioritas Diberi Warna Merah
A A A
JAKARTA - Hari keenam proses pencarian pesawat AirAsia QZ8501, Badan SAR Nasional (Basarnas) membentuk sektor prioritas di sekitar Perairan Selat Karimata, Kalimantan Tengah.

Luas sektor prioritas mencapai 1.575 nautical miles dan ditentukan berdasarkan sejumlah temuan serpihan, barang, dan jenazah sepanjang waktu pencarian.

"Sektor prioritas kami beri warna merah. Area ini hasil evaluasi dari sejumlah macam-macam temuan, yang pada hari ini kita akan prioritaskan lokasi tersebut," ucap Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Soelistyo saat menggelar konferensi pers di Kantor Basarnas, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta, Jumat (2/1/2015).

Meski begitu, area lima yang mencakup sektor prioritas dan menjadi kawasan pencarian selama ini tetap diperhatikan.

Menurut Soelistyo ada dua tugas utama di sektor prioritas. Pertama, mencari bagian besar badan pesawat. Kedua, mencari black box atau kotak hitam.

"Tugas mencari black box dilaksanakan oleh KNKT dan badan pesawat oleh TNI, Basarnas, dan instansi lainnya," jelas Soelistyo.

Semua tim pencari sudah berada di lokasi, KNKT berada di Kapal Kaladaya, sementara tim penyelam juga sudah siap menyisir sektor prioritas dan sudah berada di KRI Banda Aceh.

"Tugas mencari bagian besar pesawat dilakukan oleh kapal-kapal kita maupun bantuan luar yang punya sistem pencarian bawah permukaan, seperti KRI penyapu ranjau, Kapal Baruna Jaya (BPPT), kapal geo survei dan kapal RSS Persisten yang dilengkapi alat yang fungsinya sama mencari objek bawah permukaan."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1505 seconds (0.1#10.140)