Besok, Korsel Bantu Pencarian Bangkai AirAsia

Rabu, 31 Desember 2014 - 15:42 WIB
Besok, Korsel Bantu Pencarian Bangkai AirAsia
Besok, Korsel Bantu Pencarian Bangkai AirAsia
A A A
JAKARTA - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) rencananya menerjunkan tim relawan dari unsur Angkatan Laut-nya untuk membantu pencarian bangkai pesawat AirAsia QZ8501 dan proses evakuasi para korban.

Mayor Penerbang Trinanda mengatakan, bantuan dari Korsel akan diberikan selama dua minggu proses pencarian.

"Mereka di bawah (koordinasi) kepala Basarnas. Rencananya besok pagi mereka terbang," kata Trinanda yang juga pilot CN-25, di kantor Badan SAR Nasional, Kemayoran, Jakarta, Rabu (31/12/2014).

Tri menjelaskan, Korsel akan menurunkan sebanyak 21 kru (relawan) untuk misi pencarian tersebut. Selain menyiapkan bantuan dari Angkatan Laut, Korsel pun akan menurunkan penerbangnya.

Sebab, nantinya bantuan dari Korsel akan bekerja sama dengan Angkatan Laut dan Angkatan Udara Indonesia. "Penerbang hanya empat orang. Yang lainnya kru yang mengoperasikan radar dan perangkat lain," ujarnya.

Menurutnya, bantuan dari Korsel itu akan dikoordinasikan oleh tim Basarnas dan tim gabungan lainnya. Katanya, bantuan dari Korsel tersebut dibutuhkan lantaran mereka mempunyai peralatan canggih.

"(Pesawat) P-3C Orion. Satu pesawat saja. Mempunyai infra red dan bisa mendeteksi anomali di bawah air, bisa mendeteksi korban-korban di bawah air."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6557 seconds (0.1#10.140)