Jalur Wisata Kuningan Dipadat Wisatawan

Minggu, 28 Desember 2014 - 11:54 WIB
Jalur Wisata Kuningan Dipadat Wisatawan
Jalur Wisata Kuningan Dipadat Wisatawan
A A A
KUNINGAN - Lonjakan volume kendaraan pada libur Natal kemarin membuat arus lalu lintas di sejumlah kawasan wisata Kabupaten Kuningan terpantau padat.

Seperti terjadi di ruas Jalan Cilimus menuju objek wisata Linggarjati dan Sangkanurip. Kepadatan arus lalu lintas di kawasan ini sudah mulai terjadi sejak pukul 10.30 WIB. Sempat terjadi kemacetan ketika banyak ken daraan yang menuju kawasan wisata harus bergantian dengan para pemudik yang akan kembali ke kota besar.

“Kepadatan arus lalu lintas disebabkan karena arus balik para pemudik yang akan kembali ke kota besar seperti Ja karta dan Bandung, ditambah para wisatawan yang berlibur di Kuningan. Akibatnya arus lalu lintas sempat tersumbat di kawasan wisata karena banyak kendaraan yang memotong,” ujar Kapolres Kuningan AKBP Joni Iskandar saat memantau jalur Bojong kemarin.

Dijelaskan kapolres, untuk menangani antrean kendaraan di jalur tersebut pihaknya mem - buka tiga titik jalur pengalihan arus. Yaitu di persimpangan Bandorasa, Bojong dan Caracas. Selain itu, seluruh kendaraan dilarang untuk berbelok menyeberang jalan melainkan terlebih dahulu harus mengikuti arus hingga menemukan arus yang agak longgar untuk berbalik arah.

“Diprediksi kondisi seperti ini akan berlangsung hingga Sabtu (tadi malam), karena sebagian besar pemudik mengejar hari Minggu sudah ada di rumah untuk persiapan bekerja Senin. Kon disi seperti ini diperkirakan akan kembali terjadi pada saat pergantian tahun nanti,” ung kapnya. Arus lalu lintas seketika lancar ketika terjadi hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Kuningan sekitar pukul 13.30 WIB. Hal ini disebabkan karena se bagian besar para peng guna motor memilih menepi sehingga arus lalu lintas pun didominasi oleh kendaraan roda empat.

“Ternyata hujan sangat membantu melancarkan arus ka rena sebagian besar peng en dara motor memilih berteduh. Namun kami tetap harus siaga di setiap persimpangan untuk meng antisipasi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” kata Joni. Akan tetapi cuaca Kuningan yang diguyur hujan ternyata tidak menyurutkan para wisatawan untuk memanfaatkan li - buran mereka untuk berwisata di Kuningan.

Seperti yang terpantau di sejumlah objek wisata seperti Waduk Darma, Cibulan, Linggarjati, dan Sangkanurip, tetap dibanjiri pengunjung. “Sudah terlanjur jauh-jauh dari Bogor, sekalian menengok orang tua sekalian liburan di Cibulan,” ujar Iwan pengunjung objek wisata Cibulan.

Mohamad taufik
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3145 seconds (0.1#10.140)