Wisata Bedegung Dilengkapi Fasilitas Arung Jeram

Jum'at, 26 Desember 2014 - 11:38 WIB
Wisata Bedegung Dilengkapi Fasilitas Arung Jeram
Wisata Bedegung Dilengkapi Fasilitas Arung Jeram
A A A
MUARAENIM - Objek wisata air terjun Bedegung yang terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim sekarang sudah ditambah fasilitas arung jeram.

Pengunjung yang datang dan ingin mencoba derasnya arus Sungai Enim harus memiliki keahlian dan keberanian. Pengelola air terjung Bedegung saat ini menyediakan fasilitas delapan unit perahu karet beserta alat kelengkapan untuk arung jeram.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Air Terjun Bedegung Juhartono mengatakan, pihaknya saat ini menyediakan perahu karet dan alat kelengkapan lain sehingga jika pengunjung ada yang berminat, pih aknya siap untuk membantu. “Karena kita ingin mengembangkan potensi yang ada, apalagi kondisi Sungai Enim sangat cocok untuk lintasan olahraga arung jeram,” ungkapnya, kemarin.

Tentu saja menurutnya, pengunjung yang ingin menjajal arung jeram di lintasan tersebut akan didampingi pendamping yang sudah paham. Bahkan, sebelum menjajal arus arung jeram tersebut, pengunjung akan diberikan pengarahan dan petunjuk teknis olahraga tersebut. Selain itu, pengunjung juga akan dilengkapi dengan pakaian yang standar keamanan untuk olahraga arung jeram. “Panjang lintasannya hanya sekitar 500 meter dengan waktu tempuh sekitar 15 sampai dengan 20 menit,” katanya.

Lebih lanjut dia mejelaskan, pengunjung yang ingin men coba permainan arung jeram tersebut tak bisa perorangan. Minimal ada enam orang pengunjung untuk satu perahu karet. Bahkan menurutnya, jika ingin lebih seru, harus berkelompok dan ada pertandingan atau lomba antarmasing-m asing peserta. “Setelah di hilir nanti, mobil kami sudah stand by di sana untuk menjemput dan pengunjung bisa kembali ke titik awal,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Muaraenim Febriansyah Nang Ali menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan pembenahan di lokasi objek wisata Air Terjung Bedegung. Bahkan, lokasi tersebut memang cukup bagus untuk dikembangkan olahraga arung jeram selain potensi wisata air terjunnya sendiri. “Kita akan terus kembangkan, apa lagi nanti untuk cukup banyak eventolahraga yang akan digelar di Muaraenim,” katanya.

Selain itu, fasilitas-fasilitas lain penunjang di objek wisata tersebut akan ditambah sehingga pengunjung benar-benar merasa nyaman saat mengunjungi objek wisata tersebut. Tentu saja menurutnya, itu harus mendapatkan dukungan dari semua pihak termasuk warga Muaraenim dan pengunjung itu sendiri untuk sama-sama menjaga fasilitas yang ada.

Irhamudin Sutan Parmato
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7385 seconds (0.1#10.140)