Tahun Prestasi Pusri Palembang

Kamis, 25 Desember 2014 - 11:55 WIB
Tahun Prestasi Pusri Palembang
Tahun Prestasi Pusri Palembang
A A A
PALEMBANG - PT Pupuk Sriwjidjaja (Pusri) Palembang mencatatkan tahun 2014 sebagai tahun prestasi. Pasalnya, sepanjang tahun 2014 Pusri Palembang berhasil mengukir lima penghargaan di berbagai bidang.

Kelima penghargaan tersebut, antara lain peringkat Proper Hijau tahun 2014 untuk penilaian kinerja lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup, penghargaan industri hijau level 5 tahun 2014 dari Kementerian Perindustrian, penghargaan Indonesia Green Award 2014 kategori pengembangan keanekaragaman hayati, pengolahan sampah terpadu dan pencegahan polusi.

Selanjutnya, kategori emas gugus mutu PT Pusri Palembang pada temu karya mutu dan produktivitas nas ional 2014 dan terakhir penghargaan perak kategori BUMN internal media award dari BUMN Track. “Kami harap penghargaan yang diterima tahun ini dapat terus ditingkatkan di tahun depan dan semakin memotivasi perusahaan dalam meningkatkan revitalisasi pabrik, dive rsifikasi dan efisiensi,” kata Direktur Utama PT Pusri Palembang Musthofa, di sela-sela upacara peringatan HUT ke-55 Pusri Palembang, kemarin.

Tidak sampai di situ saja, lanjut dia, selama kurun waktu satu tahun, pihaknya juga telah melaksanakan berbagai program kerja sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) ditetapkan. Antara lain yakni telah di resmikannya kebun percobaan seluas 7,6 hektare di Lorong Abadi sebagai wujud inovasi produk pupuk dan benih serta launching produk benih padi sribumi, benih jagung hibrida.

Produk riset lainnya yang sedang dikembangkan, di antaranya pupuk hayati, pupuk hara mikro dan biopestisida. Di samping itu, pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Sumsel dalam rangka penyempurnaan sistem pengamanan dan peningkatan daerah terbatas menjadi daerah tertutup untuk bagi umum sehubungan dengan pembangunan proyek Pusri IIB.

”Bahkan, kami pun melakukan penghematan biaya melalui program perencanaan kebutuhan kapasitas atau CRP perusahaan meliputi biaya sewa kendaraan, meal, pemeliharaan rumah dinas dan kompleks serta penghematan pemakaian listrik. Alhamdulillah, tahun ini kami berhasil mencapai hasil produksi yang cukup baik. Secara keseluruhan produksi urea telah mencapai 98% dari target ditetapkan dalam RKAP dan produksi amonia sebesar 101%.”

“Realisasi penyaluran pu puk urea ke sektor pangan sebesar 112% dan ke sektor komersial sebesar 86%,” jelasnya. Di samping itu, pihaknya juga mengambil langkah-langkah strategis untuk merealisasikan proyek pengembangan sesuai dengan plan schedule, di antaranya progres proyek Pusri IIB sampai November 2014 lalu mencapai 75,5% dengan target produksi diperkirakan De sember 2015.

Selanjutnya, progres proyek urea barge storage dan conveyor system hingga November 2014 mencapai 70,84% dengan target produksi Juni 2015. Progres pembangunan proyek steam turbine gas dan boiler batu bara hingga November 2014 mencapai 45,37% dengan target operasional Maret 2016. Progres proyek jetty, coal handling sys tem dan coal storage sampai November 2014 capai 37,31% dengan target operasional September 2015.

Progres proyek NPK fussion sampai November 2014 capai 46% dengan target operasional Mei 2015 serta implementasi Enterprise Resources Planning (ERP) atau perencanaan sumberdaya perusahaan saat ini memasuki fase ke tiga, yaitu realization dan diharapkan dapat go live pada Juni 2015 mendatang.

“Kami berharap dukungan dari semua pihak agar program strategis perusahaan dapat berjalan dengan baik tanpa terkendala apa pun sehingga dapat selesai tepat waktu. Kami optimistis pada HUT Pusri Palembang tahun depan diharapkan Pusri IIB, UBS-CS dan Jetty sudah beroperasional sehingga dapat memberikan manfaat bagi perusahaan di antaranya efisiensi biaya produksi dan meningkatkan kapasitas produksi urea dan amonia serta kelancaran operasional perusahaan secara umum,” ucapnya.

Pada kesempatan itu pula, manajemen Pusri Palembang juga memberikan penghargaan sewindu, dwiwindu, triwindu, caturwindu sebagai apresiasi kepada karyawan atas loyalitas dan kinerjanya. Penghargaan ini diberikan setiap tahun dengan memilih lima orang karya wan dari semua divisi.

“Alhamdulillah, saya sangat senang sekali mendapatkan peng hargaan ini. Saya mengabdi di sini sudah 30 tahun lamanya. Mudah-mudahan dengan penghargaan ini dapat semakin memotivasi dalam meningkatkan kinerja karyawan,” kata Soehardi yang dinobatkan sebagai karyawan terbaik bagian humas Pusri Palembang.

Darfian Jaya Suprana
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6748 seconds (0.1#10.140)