PT Jepang Gandeng Undip

Sabtu, 20 Desember 2014 - 11:38 WIB
PT Jepang Gandeng Undip
PT Jepang Gandeng Undip
A A A
SEMARANG - Universitas Nagoya Jepang menggandeng Universitas Diponegoro (Undip) Semarang untuk mengembangkan program ‘Pemimpin Perempuan untuk Mempromosikan Kesejahteraan di Asia’ (Women Leaders Program to Promote Well-being in Asia).

Melalui kerja sama tersebut, program yang tengah dikembangkan itu diharapkan semakin cepat mencapai tujuan. “Status wanita Jepang tidak begitu tinggi di bidang politik, sosial dan posisi lainnya. Untuk itu, pemerintah di Jepang ingin mendidik masyarakat, terutama perempuan Jepang agar mampu menjadi pemimpin wanita.

Program ini sebenarnya tidak hanya untuk Jepang saja, namun juga untuk negara-negara Asia lainnya. Demi pengembangan program itu, perlu adanya pengembangan di bidang pendidikannya.

Oleh sebab itu, kami menggandeng kerja sama dengan pihak lain yakni Undip. Januari nanti enam mahasiswa kami akan datang ke Undip. Kami meminta dukungan, karena mereka belum memahami kehidupan di Indonesia,” kata perwakilan dari Universitas Nagoya Prof Mina Hattori, ketika berada di Rektorat Undip Tembalang, Kamis (18/12).

Program yang tengah dijalankan universitasnya itu dirancang untuk mengatasi sejumlah persoalan yang ada di kawasan Asia. Termasuk juga masalah kemiskinan, masalah kesehatan yang beragam, dan kesenjangan gender.

Dengan fokus pada makanan, kesehatan, lingkungan, sistem sosial, dan pendidikan, program ini bertujuan untuk mendorong para pemimpin perempuan yang bisa bekerja dalam konteks global mencapai kesejahteraan di Asia. “Kesejahteraan mengacu pada situasi di mana hak dan pemenuhan pribadi individu dijamin dan keadaan yang ditandai dengan kondisi fisik, mental, sosial, dan ekonomi yang baik,” papar dia.

Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan kerja sama yang dijalin dengan Universitas Nagoya itu akan difokuskan pada bidang pertanian, kesehatan, kedokteran, pendidikan, dan international development, saat ini masih pengabdian masyarakat.

“Mahasiswa dari Jepang yang akan belajar di sini akan fokus mempelajari itu. Ke depan, kerja sama akan dikembangkan lebih luas lagi, seperti pada bidang riset dan pertukaran dosen. Mahasiswa dari Nagoya yang akan belajar di sini akan didampingi mahasiswa Undip,” ungkapnya.

Susilo Himawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7021 seconds (0.1#10.140)
pixels