MNC Group Gelar Kegiatan Sosial dan Media Literasi

Rabu, 17 Desember 2014 - 12:10 WIB
MNC Group Gelar Kegiatan Sosial dan Media Literasi
MNC Group Gelar Kegiatan Sosial dan Media Literasi
A A A
PALEMBANG - MNC Group menggelar serangkaian kegiatan sosial dan medialiterasi dalam rangka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Palembang kemarin.

Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh grup media terbesar di Asia Tenggara bekerja sama de ngan Kodam II/Sriwijaya dan Conocophillips. Kegiatan sosial berupa khitanan massal, donor darah, pelayanan KB, dan pelayanan kesehatan gigi dan umum digelar di Markas Kesdam II/Sriwijaya. Untuk khitanan massal diikuti sekitar 178 anak. Sementara, acara Media Literasi bertema “Tontonan Yang Baik & Mendidik” dilangsungkan di Balai Prajurit, Sekanak dan diikuti 200 siswa sekolah dasar (SD).

Dalam acara ini hadir sebagai pembicara yaitu Nurhasanah selaku Korbid Kelembagaan KPID Palembang serta pendongeng, Kak Inu. CEO MNC Group Hary Tanoesoe dibjo, mengatakan MNC Group berkomitmen untuk secara berkala menyelenggarakan kegiatan sosial. Hal ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat, baik yang dilaksanakan masing-masing unit maupun secara bersama-sama.

“Kami berharap kegiatan seperti ini bermanfaat bagi masyarakat. Selain beragam kegiatan tersebut, pada bulan Oktober, MNC Group baru saja meresmikan pem bangunan jembatan gantung dan media literasi bagi anak-anak di daerah Lebak, Banten,” ujarnya.

Dipilihnya Palembang menjadi lokasi kegiatan, karena kota ini akan dilalui oleh kirab HKSN yang puncak acaranya akan berlangsung di Jambi. Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar M Sahil mengatakan, pelaksana an kegiatan sosial juga dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-69 Tahun 2014.

“Kali ini kita juga menjalin kerja sama dengan MNC Group dalam rangkaian kegiatan sosial kemasyarakatan yang memang ditujukan untuk masyarakat luas. Baik itu pengobatan massal, khitanan massal, donor darah dan lainnya,” tuturnya. Jenderal bintang dua ini mengatakan, jalinan kerja sama dengan MNC Group sendiri dilaksanakan untuk kesekian kalinya, baik di pusat maupun di daerah.

“Kita sudah kerap bekerja sama dengan MNC Group, sebagai perusahaan yang sangat konsern dengan kegiatan sosialnya. Kegiatan semacam ini sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat luas, dan harapannya dapat sinergis dengan TNI AD sehingga dapat berlangsung kerja sama untuk selanjutnya,” tukasnya.

Di samping kegiatan sosial, Ko dam II/Sriwijaya juga melakukan Serbuan Teritorial keberbagai wilayah di lingkungan Makodam II/Sriwijaya. Di antaranya melaksanakan karya bakti dengan pembersihan sungai dan selokan. “Tujuannya agar aliran air lancar untuk mengantisipasi bahaya banjir yang dapat terjadi di musim penghujan seperti saat ini,” ungkapnya.

Iskandar menambahkan, pihaknya juga menyiagakan satuan kewilayahan dan satuan tempur untuk membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel dalam mengatasi kemungkinan bencana banjir dan longsor. Sejauh ini daerah sumsel masih dinilai aman sehingga kalaupun terjadi bisa langsung diselesaikan. “Penanggulangan bencana banjir maupun tanah longsor merupakan tugas pokok BPBD, namun kami juga menyiagakan personel untuk membantunya upaya penanggulangan,” ujarnya.

Sementara, mengenai tujuan acara media literasi, menurut Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang II Sriwijaya Ny Umi Amborowati Iskandar adalah untuk memberikan pemahaman kepada anak bah wa tidak semua yang ditayangkan televisi itu bersifat positif. Hal ini menurut dia harus diwaspadai, terutama dalam memilih tontonan yang baik dan benar untuk anak “Untuk mengantisipasi hal ini kita bekerja sama dengan MNC Group melakukan sosialisasi cara menonton televisi yang baik dan benar,” ujar Umi di Gedung Balai Prajurit Palembang.

Sosialisasi ini jelas dia, dalam rangka edukasi dan pembelajaran kepada siswa-siswi bagaimana menonton televisi yang baik dan benar sehingga nantinya siswa siswi dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama saat menonton televisi.

Retno Palupi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6852 seconds (0.1#10.140)