PT Krakatau Posco Sudah 4 Kali Meledak

Rabu, 17 Desember 2014 - 07:37 WIB
PT Krakatau Posco Sudah 4 Kali Meledak
PT Krakatau Posco Sudah 4 Kali Meledak
A A A
CILEGON - Ledakan hebat yang terjadi di PT Krakatau Posco, Kota Cilegon, Banten, pada Senin 15 Desember 2014, ternyata bukan yang pertama kali terjadi. Ledakan yang sama hebat juga pernah terjadi sebelumnya tiga kali.

"Pada 21 Februari 2014 juga pernah terjadi peristiwa yang sama. Bahkan ledakan terjadi dua kali, dan pada 1 Januari 2014 pun terjadi ledakan di tempat yang sama, namun tidak ada korban jiwa," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon Erwin Harahap kepada wartawan, Selasa (16/12/2014).

Ditambahkan dia, untuk mengusut kasus ledakan itu, pihak pengawas dari Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI terjun langsung melakukan investigasi penyebab ledakan yang mengakibatkan karyawannya mengalami luka berat hingga 90 persen.

"Kami sudah bentuk tim gabungan dari Kemenakertrans, Disnakertrans Provinsi Banten, dan dari Disnaker Kota Cilegon yang berjumlah 12 orang, untuk melakukan penyelidikan di lokasi ledakan," ungkapnya.

Dugaan sementara tim gabungan, ledakan terjadi akibat rembesan air yang jatuh kedalam converter pengubah besi cair ke baja cair. Tentang rembesan air itu, pihaknya belum bisa menyimpulkan akibat kelalaian pekerja atau tidak sesuai dengan Standar Operating Procedure (SOP).

"Kami belum bisa memastikan apakah pelaksanaan kerja tidak sesuai SOP atau memang mesin produksinya yang tidak sesuai dengan prosedur yang ada. Sampai saat ini, kami masih mengkaji dan meneliti itu semua," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, terjadi ledakan hebat di Steel Making Plant (SMP), area produksi perusahaan patungan antara Krakatau Steel (KS) dengan Pohang Iron and Steel Company (Posco) asal Korea Selatan PT Krakatau Posco.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0682 seconds (0.1#10.140)