Puluhan Rumah Rusak Diamuk Angin Puting Beliung

Selasa, 16 Desember 2014 - 21:12 WIB
Puluhan Rumah Rusak Diamuk Angin Puting Beliung
Puluhan Rumah Rusak Diamuk Angin Puting Beliung
A A A
GARUT - Puluhan rumah dari dua kampung, di Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, disapu angin puting beliung. Puluhan rumah itu mengalami kerusakan pada bagian atap, dan dinding, karena ditiup angin.

Di kecamatan ini, terjangan angin beliung merusak rumah warga di dua lokasi, yakni di Kampung Pataruman, Kelurahan Pataruman, dan Kampung Cikopo, Desa Jayaraga. Meski merusak banyak rumah, peristiwa yang terjadi saat hujan lebat di sore itu tidak menimbulkan korban jiwa.

"Awalnya hujan lebat disertai angin kencang biasa. Selang beberapa waktu kemudian, terdengar gemuruh. Durasinya lumayan lama. Genteng berjatuhan. Gemuruh itu menjalar ke rumah-rumah tetangga saya yang lain," kata Hana (30), warga Kampung Pataruman, Selasa (16/12/2014).

Peristiwa ini tidak hanya membuat atap rumah Hana rusak, tapi juga merobohkan salah satu dinding dari rumahnya. Dari informasi yang dihimpun, jumlah rumah yang rusak di Kampung Pataruman tercatat sebanyak 45 unit.

Ketua RW 12 Kelurahan Pataruman Ayi Sunarya mengatakan, angin puting beliung muncul dari arah timur menuju barat. Berdasarkan pendataan yang dilakukannya, banyak warga mengeluh perabotan rumah mereka ikut mengalami kerusakan.

"Mungkin karena atap rusak, air hujan jadi masuk ke dalam rumah. Sudah banyak warga mengadu perabotan mereka juga ikut rusak," ujarnya.

Serupa dengan di Kampung Pataruman, angin puting beliung juga memporak-porandakan atap dan genting puluhan rumah warga di Kampung Cikopo. Meski peristiwa yang dialami hampir dalam waktu yang bersamaan, dampak dari angin puting beliung di Kampung Cikopo tidak separah seperti di Kampung Pataruman.

"Belum diketahui berapa jumlah pastinya. Infonya ada belasan rumah rusak. Saat ini belum ada pendataan karena warga masih sibuk membereskan dan memperbaiki atap rumah-rumah mereka," tutur seorang warga Ridwan (36).

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut TB Agus menambahkan, tidak hanya angin puting beliung, sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Garut pun ikut direndam banjir.

"Beberapa ruas jalan protokol direndam banjir. Barusan juga ada laporan kalau jalan di daerah Pamoyanan, Desa Sukagalih terendam," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5203 seconds (0.1#10.140)