Banjir Ancam Sembilan Kecamatan di Wajo

Jum'at, 12 Desember 2014 - 11:20 WIB
Banjir Ancam Sembilan Kecamatan di Wajo
Banjir Ancam Sembilan Kecamatan di Wajo
A A A
SENGKANG - Memasuki musim hujan, sembilan kecamatan di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, terancam banjir. Sembilan kecamatan tersebut adalah Kecamatan Belawa, Kecamatan Tempe, Kecamatan Pamman, Kecamatan Sabbangparu, Kecamatan Tanasitolo, Kecamatan Maningpajo, Kecamatan Bola, Kecamatan Pitumpanua, dan Kecamatan Keera.

Sembilan kecamatan tersebut sebelumnya ditetapkan sebagai kecamatan rawan bencana alam terutama banjir. Hal itu berdasarkan Rakornas Penanggulangan Bencana 2013.

Saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo sudah menetapkan status siaga bencana. Karena, berdasarkan prediksi BMKG, curah hujan akan tinggi pada bulan Januari hingga Februari 2015.

"Curah hujan akan tinggi pada bulan Januari hingga Februari mendatang, dan sekarang memang sudah harus siaga bencana," kata Kepala BPBD Kabupaten Wajo Alamsyah kepada KORAN SINDO, Jumat (12/12/2014).

Meski curah hujan di Wajo akan tinggi pada Januari-Februari, debit air Danau Tempe saat ini sudah mulai naik, karena curah hujan sudah tinggi di daerah hulu seperti di Enrekang.

"Di Danau Tempe, debit air sudah mulai naik. Meski itu baru sebatas danau, namun antisipasi dini harus kami siapkan," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1456 seconds (0.1#10.140)