Parador Bidik Mahasiswa STPB

Kamis, 04 Desember 2014 - 10:52 WIB
Parador Bidik Mahasiswa STPB
Parador Bidik Mahasiswa STPB
A A A
BANDUNG - Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan dan resor, Parador Hotel and Resort membidik sejumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) untuk ditempatkan sebagai trainer dan tenaga kerja tetap.

CEO Parador Hotel and Resort Ricky Theodores mengaku tengah menggaet mahasiswa dan lulusan STPB di bidang hospitality dan perhotelan. Menurutnya, kualitas dan kompetensi mahasiswa dan lulusan STPB memiliki standar yang ber saing dengan tenaga kerja asing.

“Salah satunya dengan mengadakan Parador Career Expo 2014. Di tahun ini, kami sudah merekrut sedikitnya 200 orang lebih tenaga kerja lokal,” ungkapnya saat konferensi pers Parador Career Expo di Kampus STPB, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, kemarin.

Dia melanjutkan, pertumbuhan hospitality dan perhotelan di Indonesia berkembang sangat pesat. Terbukti, selama 2012-2013, tercatat ada sekitar 678 hotel baru beroperasi dan 70 di antaranya berada di Bali. “Untuk itu, dalam pengembangannya, kami fokuskan pem bangunan hotel di Indonesia bagian tengah dan timur,” bebernya.

Ketua STPB Anang Sutono mengatakan, untuk memenangkan persaingan tenaga kerja, pihaknya terus melakukan pendefinisian ulang kurikulum yang diberlakukan. Menurutnya, sejak awal STPB berdiri, pihaknya secara fundamental berfokus pada dua bidang yakni akademik dan keahlian. Dia menyebutkan, kekuatan dalam menjawab persaingan global intinya ada pada karakter.

Dalam mencetak mahasiswa dan lulusannya, STPB menerapkan 3 pilar utama yakni keahlian yang mumpuni, wawasan yang global, serta attitude yang disegani dalam dunia kerja. “Inilah yang membedakan mahasiswa dan lulusan STPB dengan jalur pendidikan pariwisata lainnya,” ungkapnya.

Kini, sebutnya, yang men jadi pesaing cukup berat tenaga kerja Indonesia dalam hal skill di bidang pariwisata yaitu Philipina, Malaysia, dan Thailand. Tapi dengan banyaknya pihak yang ingin menggaet kerja sama tenaga kerja dengan lulusan STPB, dia meyakinkan lulusan STPB mampu bersaing secara global dengan tenaga kerja asing.

Menurutnya, lebih dari 50% mahasiswa STPB rata-rata sudah diterima bekerja dan saat lulus hampir 100% sudah bekerja sebagai pekerja di bidang pariwisata maupun wirausaha. Pihaknya juga tengah mengembangkan sistem kurikulum Asean Common Competense Standar and Tourism Professional (ACCSSTP) yang berbasis pada kompetensi dasar tenaga kerja pariwisata global, khususnya Asean.

Anne Rufaidah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9767 seconds (0.1#10.140)