Pemkab Bidik Predikat Kabupaten Layak Anak

Rabu, 26 November 2014 - 13:27 WIB
Pemkab Bidik Predikat Kabupaten Layak Anak
Pemkab Bidik Predikat Kabupaten Layak Anak
A A A
SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo membidik predikat Kabupaten Layak Anak tahun depan. Saat ini sebagian besar daerah di eks Karesidenan Surakarta sudah menyandang predikat tersebut.

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB (KPPKB) Sukoharjo Proboningsih Dwi Danarti mengatakan, untuk mencapai target tersebut harus melibatkan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Untuk itu, SKPD yang terkait mengajukan anggaran dalam rangka merealisasikan program tersebut. “Untuk Solo Raya, sebagian besar sudah menjalankan program tersebut. Hanya tingga dua daerah yang belum di mana salah satunya Kabupaten Sukoharjo,” ujar Probo, panggilan, Proboningsih Dwi Danarti, kemarin.

Sejumlah SKPD yang terlibat antara lain KPPKB, Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinfokom), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Pertanian (Dispertan), serta Kantor Perpustakaan Daerah. Nantinya, SKPD tersebut akan berkoordinasi mewujudkan program layak anak.

Untuk menjadikan Kabupaten Layak Anak, pemkab harus memberikan perhatian lebih untuk anak-anak. Khususnya sarana dan prasarana pendukung seperti ruang publik yang bisa dimanfaatkan anakanak. “Sekarang sudah saatnya dan sangat mendesak. Untuk itu, mulai sekarang dipersiapkan dan akan dilaksanakan tahun deoan oleh beberapa SKPD gabungan,” ucapnya.

Ketua Komisi IV DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi mengatakan, program Kabupaten Layak Anak yang digagas Pemkab sangat positif. Dijelaskannya, apa yang dicanangkan tersebut diharapkan segera bisa direalisasikan. Untuk itu, eksekutif diharapkan segera melakukan persiapan termasuk sarana dan prasarana pendukung.

Sumarno
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5057 seconds (0.1#10.140)