Pelajar SMP 1 Wates Wakili Indonesia ke Jepang

Rabu, 12 November 2014 - 13:40 WIB
Pelajar SMP 1 Wates Wakili Indonesia ke Jepang
Pelajar SMP 1 Wates Wakili Indonesia ke Jepang
A A A
KULONPROGO - Assifa Nur Fadila,15, pelajar kelas IX SMP Negeri 1 Wates akan mewakili Indonesia dalam Lomba Roket Air Internasional ke 21 (Water Rocket Event, Asia Pasific Regional Regional Space Agency Forum) di Jepang.

Sebelumnya dia telah memenangkan Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2014 yang diadakan oleh PUSPIPTEK di Serpong, Tangerang. Keunggulan roket air karya Assifa, memiliki akurasi sasaran dan kestabilan saat meloncur. Ini menjadi point penting yang dinilai dalam lomba roket air. Dimana untuk menghasilkan akurasi yang baik ini di perlukan perhitungan, ketelitian, dan keakuratan dalam membuat roket. Mulai dari me nentukan volume air, tekanan, dan derajat hingga volume mesin pemberat dan sirip.

“Roket air sekilas tampak sederhana, tetapi memiliki skill dan perhitungan yang tepat. Prestasi ini menjadi kebanggan tersendiri,” ujar Bupati KulonProgo Hasto Wardoyo ketika me nemima audiensi Assifa di rumah dinas kemarin. Pada audiensi ini Assifa juga didampingi Suratna (Guru SMA 1 Pe ngasih) ayahnya, dan Heny Prihastiwi (Guru SMA 1 Temon) ibunya. Selain itu juga Kepala Kantor Taman Pintar Kota Yog yakarta Yunianto Dwisutono.

Prestasi ini, kata Hasto tidak hanya membanggakan Kulonprogo saja, namun juga DIY. Apalagi dalam proses pembuatan, semuanya dilakukan sendiri tanpa bantuan pembimbing saat dilaksanakan lomba. Untuk itulah, bupati minta Assifa terus berikhtiar, meluruskan niat, bertawakal dan terus berlatih sehingga dapat menncapai hasil yang maksimal. “Kita doakan semoga lancar, sukses,” kata bupati.

Kepala Kantor Taman Pintar Kota Yogyakarta Yunianto Dwi sutono mengatakan, rencananya pada Senin (24/11) mendatang, Assifa berangkat ke Jakarta untuk mengikuti pengara han. Dia sendiri akan berangkat ke Jepang pada Kamis (27/11) untuk mengikuti lomba pem buatan roket air internasional hingga 1 Desember 2014. “Sebelumnya, Assifa masuk 6 besar pe serta kontes roket air yang di adakan oleh Taman Pintar Yog ya karta” ujar Yunianto Dwisutono.

Pemkab Kulonprogo dan Taman Pintar Kota Yogyakarta ren cana akan menggelar lomba roket air paa 2015 mendatang. Lomba ini akan khusus me libatkan para pelajar yang ada di ku - lonprogo, untuk mensosialisasi kan roket air.

Kuntadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.2469 seconds (0.1#10.140)