PDIP Akhirnya Serahkan SK DPP

Rabu, 12 November 2014 - 13:15 WIB
PDIP Akhirnya Serahkan SK DPP
PDIP Akhirnya Serahkan SK DPP
A A A
PALEMBANG - Proses penetapan alat kelengkapan dewan (AKD) dan pimpinan definitif DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), akhirnya mulai menunjukan titik terang.

Setelah cukup lama menunggu, akhirnya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan (PDIP) Sumsel, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Dewan Pim pinan Pusat (DPP) PDIP yang memutuskan untuk menunjuk anggota DPRD Sumsel periode 2014-2019 Giri Ramanda Kiemas, sebagai Ketua DPRD Sumsel dari partai berlambang banteng moncong putih ini. SK DPP PDIP yang diterima lang sung Wakil Ketua sementara DPRD Sumsel, dari Partai Demokrat, Chairul S Matdiah, sekitar pukul 10.00 WIB di ruang kerjanya, kemarin.

Wakil Ketua sementara DPRD Sumsel Chairul S Mat diah menyatakan, dengan diterimanya SK dari DPP PDIP tersebut, artinya agenda pari pur na untuk menetapkan pimpinan DPRD Sumsel periode 2014- 2019 definitif dapat segera dijadwalkan dalam waktu dekat. Sebab diakuinya, beberapa waktu lalu pihaknya masih belum melakukan penetapan unsur pimpinan lembaga legislatif di tingkat Provinsi Sumsel ini, berikut AKD sebagai lembaga pelengkap kerja para wakil rakyat ini, karena masih menunggu putusan DPP PDIP tersebut.

“Paripurna kita jadwalkan pe kan depan, karena dalam minggu ini kita ada kegiatan reses yang telah diagendakan terlebih dahulu. Berdasarkan kalender kegiatan dewan, rapat paripurna itu akan kita gelar 17 November ini,” kata Chairul S Matdiah, di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, pascapenetapan pimpinan dewan melalui pari purna DPRD Sumsel nantinya, belum serta-merta mereka langsung mendapatkan posisi tersebut, melainkan masih perlu adanya persetujuan dari Mend agri sekaligus menunggu di keluarkannya SK Mendagri terkait penunjukan dan penetapan empat unsur pim pinan DPRD Sumsel periode 2014- 2019, masing-masing Giri Ramanda Kiemas (PDIP) sebagai Ketua DPRD Sumsel, dan berturut-turut Chairul S Matdiah (Partai Demokrat), M Yansuri (Par tai Golkar), dan Nopran Mar jani (Paartai Gerindra) seba gai Wakil Ketua.

“Setelah nama-nama tersebut ditetapkan di dalam paripurna, maka kita akan langsung menyampaikan ke Kemendagri melalui Gubernur Sumsel. Setelahnya, kita masih harus menunggu SK pimpinan tersebut diterbitkan Mendagri, sebelum akhirnya resmi melantik pimpinan DPRD Sumsel untuk periode 2014-2019 ini,” paparnya.

Untuk itu ditargetkan, pembentukan AKD DPRD Sumsel akan rampung paling lambat akhir November ini. Karena, AKD dapat dibentuk jika pimpinan definitif DPRD Sumsel sudah terbentuk. “Mudah-mu dahan di bulan November ini semua infrastuktur di DPRD Sumsel sudah terbentuk. Dengan begitu, tugas- tugas legi slatif dalam mengawal kinerja eksekutif dapat dilaksanakan dengan maksimal,” pungkas dia.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Sumsel MA Gantada menyebutkan, SK penunjukan Giri Ramanda sebagai Ketua DPRD Sumsel sesuai dengan SK Nomor 5667/in/XI/2014 tentang rekomendasi Ketua DPRD Sumsel periode 2014-2019. Atas keputusan tersebut imbuhnya, seluruh kader partai wajib hukumnya untuk menyukseskan dan mengamankan SK DPP tersebut.

“Ini kan pe nugasan partai, saya secara pribadi siap ditugaskan sebagai apa pun oleh partai, saya tidak kecewa dan partai berhak me nilai, kaderkadernya yang akan ditempatkan pada posisi m anapun,” ujar Ketua DPRD Sumsel sementara ini, usai meng gelar pleno DPD PDIP, malam sebelumnya. Dijelaskannya, dalam pleno yang digelar DPD PDIP Sumsel menyikapi SK DPP tersebut, juga dibahas mengenai posisi Giri Ramanda yang sebelumnya telah ditunjuk sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumsel, yang nantinya akan digantikan posisinya oleh MA Gantada.

“Ke depan, saya dalam penugasan partai ditunjuk se - bagai ketua fraksi, karena aturan partai tidak memperbolehkan rangkap jabatan. Dengan ditetapkannya saudara Giri Ramanda sebagai Ketua DPRD Sumsel, maka kedudukannya sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumsel akan dilepas,” ucapnya.

Sementara Ketua DPD PDIP Provinsi Sumsel, Eddy Santana Putra menyatakan, dengan berlandaskan pada SKDPPter se but, maka dalam rapat pleno yang digelar DPD PDIP Sumsel tersebut, diumumkan kepada segenap kader PDIP Sumsel bahwa DPP telah menunjuk dan menetapkan Giri Ramanda Kiemas untuk memimpin lembaga legislatif di tingkat Provinsi Sumsel lima tahun ke depan.

“Dari hasil pleno kita juga, maka ditunjuk saudara MA Gantada sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumsel,” ringkasnya.

Ibrahim arsyad
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4792 seconds (0.1#10.140)