Ratusan Desa di Sumsel Belum Teraliri Listrik

Selasa, 28 Oktober 2014 - 03:05 WIB
Ratusan Desa di Sumsel Belum Teraliri Listrik
Ratusan Desa di Sumsel Belum Teraliri Listrik
A A A
PALEMBANG - Sebanyak 376 desa di Sumatera Selatan (Sumsel) belum teraliri listrik. Selain karena daerahnya sulit terjangkau, juga karena minimnya dana menjadi kendala.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mendesak agar PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) segera menyelesaikan masalah tersebut.

“Kita harap besarnya listrik yang diandalkan ini bisa dimanfaatkan untuk Asian Games 2018. Saya percaya dengan PLN,” tandas Alex dalam acara peringatan Hari Listrik Nasional ke-69 di Kantor PLN Unit Pembangunan III, Senin (27/10/2014).

Dia mengaku, tenggat 5-6 tahun ke depan, akan ada penambahan energi listrik baru sebesar 5000 Mega Watt dari 11 pembangkit yang ada di Sumsel. Bahkan, kalau tegangan listrik sudah mencapai sekitar 500 KV dipastikan Sumsel bisa membantu suplai listrik sampai ke Aceh.

“Ini kan ironi, ketika kita mengirim listrik ke luar, tapi di pedesaan kita tidak. Tapi, memang desa-desa yang belum dialiri listrik itu tersebar di wilayah yang luas,” ucap

General Manager PT PLN Wilayah Sumsel, Jambi, dan Bengkulu (WS2JB), Paranai Suhasfan mengaku, ratusan desa di Sumsel belum teraliri listrik. “Awalnya ada sekitar 3.000-an desa yang belum disuplai listrik di tiga provinsi yang kami bawahi. Tetapi, sekarang sudah berkurang menjadi 300-an,”bebernya.

Direktur Pengadaan Strategis dan Energi Primer PT PLN, Bagyo Riawan, mengatakan, pihaknya sedang mengembangkan pembangkit tenaga listrik di jalur timur Sumatera. “Kendala kita masih di pembebasan lahan. Jadi butuh dukungan dari pemerintah daerah setempat,” jelas Bagyo.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4320 seconds (0.1#10.140)