Eksistensi Wayang Orang Sriwedari

Minggu, 26 Oktober 2014 - 17:24 WIB
Eksistensi Wayang Orang Sriwedari
Eksistensi Wayang Orang Sriwedari
A A A
SOLO - Wayang orang Sriwedari atau opera wayang sudah terdengar oleh para pencinta budaya di nasional maupun internasional. Sebuah taman yang berada di tengah Kota Solo menjadi sejarah berdirinya wayang orang tersebut. Kompleks Sriwedari yang berada di Jalan Slamet Riyadi dulunya merupakan sebuah taman milik Keraton Kasunanan Surakarta, yang mana di dalamnya banyak sekali hiburan sebagai tempat bersantai untuk raja-raja.

Di tengah perkembangan zaman yang terus berubah, wayang orang Sriwedari kini masih aktif dan terus menampilkan cerita-cerita pewayangan. Bermain wayang orang ternyata tidaklah mudah. Para pemain harus menghias diri semirip mungkin dengan tokoh wayang yang ada di legenda. Belum lagi banyaknya pernak-pernik yang digunakan oleh pemain dan juga dekorasi panggung.

Dari banyaknya pemain wayang, sebagian besar mereka sudah menyandang pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot Solo. Ini merupakan penghargaan luar biasa yang diberikan oleh Pemkot Solo untuk mendukung budaya sebagai semangat membesarkan pariwisata di Kota Solo.

Wayang orang Sriwedari selalu pentas setiap Senin hingga Sabtu malam dengan cerita yang terus berganti. “Kita tidak selalu melihat penonton ada banyak atau sedikit, yang penting kita bermain memerankan tokohtokoh, itu sebagai tanggung jawab kita melestarikan budaya” ungkap pemain wayang senior Jamrud di sela-sela pementasannya.

FOTO & NASKAH: KORAN SINDO/BUDI ARISTA ROMADHONI
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5542 seconds (0.1#10.140)