Blanko E-KTP Dikirim ke Daerah

Kamis, 09 Oktober 2014 - 15:59 WIB
Blanko E-KTP Dikirim ke Daerah
Blanko E-KTP Dikirim ke Daerah
A A A
YOGYAKARTA - Pemerintah pusat mulai mengirim blanko elektronik KTP (e-KTP) ke sejumlah daerah. Mulai November 2014, pencetakan e-KTP yang sudah lama direncanakan di daerah, akan segera terealisasi.

Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta Dedy Feriza mengatakan, realisasi pencetakan e-KTP di daerah mempertimbangkan KTP model lama yang sudah tidak berlaku lagi.

Sementara, hingga kini masih banyak warga yang sudah merekam data kependudukan secara elektronik belum mendapatkan fisik dari e-KTP yang dicetak oleh pemerintah pusat.

"Tahun depan KTP model lama sudah tidak berlaku. November nanti, kita sudah mulai lakukan pencetakan e-KTP. Blangko rencana November sudah dikirim ke daerah," ungkapnya, Kamis (9/10/2014).

Dari koordinasi terakhir yang dilakukan, pencetakan di daerah nantinya tidak hanya terbatas pada pembuatan e-KTP baru bagi wajib KTP baru. Warga yang sudah merekam data kependudukan elektronik dan belum menerima fisik e-KTP, akan dibantu pencetakannya di daerah.

Dengan kondisi tersebut, Deddy menyebutkan, jumlah fisik blangko yang seharusnya diterima mencapai ribuan lembar.

"Sudah kita uji coba cetak beberapa waktu lalu, tapi hanya satu lembar KTP elektronik hasilnya bagus. Jumlah blangko yang akan dikirimkan nantinya ribuan karena semua yang belum tercetak akan kita (daerah) cetak," tambahnya.

Disdukcapil Kota Yogyakarta tercatat saat ini sudah memiliki enam unit printer dengan yang sebagian pengadaanya di perubahan anggaran 2013 lalu. Tercatat satu unit printer yang dipergunakan tersebut memiliki harga sekira Rp45 juta.

Data terakhir yang tercatat wartawan, meski perekaman data e-KTP sudah mencapai 97 persen. Tercatat di pertengahan tahun lalu, masih ada sekira 5.000-an e-KTP yang belum tercetak dan belum terdistribusi ke masyarakat.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6365 seconds (0.1#10.140)