Ida Bagus Ketut Atmaja Ubah Sampah Jadi BBM

Minggu, 14 September 2014 - 16:05 WIB
Ida Bagus Ketut Atmaja Ubah Sampah Jadi BBM
Ida Bagus Ketut Atmaja Ubah Sampah Jadi BBM
A A A
BADUNG - Pengepul sampah plastik di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Ida Bagus Ketut Atmaja berhasil menciptakan teknologi sederhana dengan mengubah sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Melalui banyak membaca, terutama artikel yang mengulas tentang keberhasilan Korea Selatan dalam mengubah sampah plastik menjadi BBM solar, dirinya langsung tertarik untuk membuat inovasi serupa.

"Kalau sampah dibakar kan percuma, kenapa tidak disuling saja biar berguna," katanya, saat ditemui wartawan, Minggu (14/9/2014).

Kemudian, dia memulai eksperimennya dengan menciptakan mesin rakitan sendiri. Dibuatnya alat pembakaran dan penyulingan (reaktor firolisis) sendiri. Mengejutkan, alat ciptaannya itu berguna.

Dengan alat itu, dia bisa mengubah plastik berbagai jenis, menjadi bahan bakar minyak. Hanya saja, saat ini sampah plastik dari tas kresek dan botol air kemasan yang diprioritaskan untuk proses daur ulangnya.

Alat tersebut sangat sederhana, berupa tiga tabung, dan disambungkan ke selang besi, kemudian diproses. Lalu semua plastik dipilih atau dipisahkan, kemudian dimasukan ke tabung dan dibakar dengan gas elpiji layaknya memasak sehari-hari.

"Saat pembakaran, akan mengeluarkan cairan bahan bakar, kemudian ditampung dalam wadah botol. Tidak butuh waktu terlalu lama untuk proses penyulingan atau hanya sekira setengah jam," ungkapnya.

Satu kilogram plastik, menghasilkan satu liter cairan bahan bakar. Bahan cairan hasil olahan itu, bisa digunakan untuk membakar apa saja, bahkan untuk BBM sepeda motor. Namun begitu, hasil tersebut masih jauh dari sempurna.

"Karena masih harus dicampur bensin. Masih ada juga campuran solar atau minyak tanah. Ke depan, akan saya sempurnakan," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7642 seconds (0.1#10.140)