Belasan Hektare Hutan Jati Terbakar

Selasa, 09 September 2014 - 07:44 WIB
Belasan Hektare Hutan Jati Terbakar
Belasan Hektare Hutan Jati Terbakar
A A A
POLMAN - Belasan hektare lahan hutan jati milik warga, di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terbakar. Kejadian ini sontak membuat warga yang bermukim tak jauh dari lokasi kebakaran panik.

Lokasi kebakaran yang berada di perbukitan terjal membuat petugas pemadam kebakaran tak bisa berbuat banyak, warga terpaksa berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Kebakaran yang kembali menghaguskan belasan hektare lahan perkebunan warga terjadi di Desa Rea, Kecamatan Binuang, sejak sore hingga Senin malam.

Sejumlah warga yang tiba di lokasi kebakaran terus berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. Lokasi kebakaran yang terletak di perbukitan terjal membuat tiga unit mobil pemadam kebakaran tidak bisa berbuat apa-apa.

Cuaca panas akibat kemarau panjang disertai angin kencang membuat api menjalar dengan cepat melahap semak belukar, serta pohon–pohon jati dan kebun kakao milik warga.

Api yang makin meluas dan membesar membuat warga sangat sulit memadamkanya. Kondisi ini membuat warga yang bermukim tak jauh dari lokasi kebakaran panik.

Untuk mengantisipasi api makin cepat menjalar ke perkebunan dan pemukiman, warga berusaha memadamkan api menggunakan tangki semprot tanaman dan ranting kayu. Enam jam kemudian api baru berhasil dikendalikan.

Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Namun diduga api berasal dari ranting dan rumput ilalang yang kering, di picu hawa panas akibat kemarau selama tiga bulan ini terakhir.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Dalam tiga hari terahkir, kebakaran lahan sering terjadi dengan luas wilayah kurang lebih enam puluh hektare.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5881 seconds (0.1#10.140)