Bangkai Ikan Paus Timbulkan Bau Busuk

Rabu, 03 September 2014 - 14:41 WIB
Bangkai Ikan Paus Timbulkan Bau Busuk
Bangkai Ikan Paus Timbulkan Bau Busuk
A A A
MANADO - Dampak terdamparnya bangkai ikan paus di Pulau Bunaken mulai dirasakan warga. Bau busuk bangkai sudah tercium hingga ke seluruh isi pulau. Bahkan karenanya, saat ini nyaris seluruh warga terlihat sudah mengenakan masker.

Roy, warga Bunaken Lingkungan 3 mengaku, aktivitasnya mulai terganggu."Awalnya memang hanya di sekitar lokasi yang bisa tercium. Tapi sekarang baunya sudah semakin busuk," ujarnya.

"Selama bangkai ikan belum dilepas di laut. Aktivitas warga akan terganggu termasuk aktivitas melaut kami," timpal Robert, warga setempat.

Sementara itu, proses evakuasi bangkai ikan paus yang terdampar di Pulau Bunaken menemui kendala. Pasalnya, saat ini kondisi air sedang surut.

"Kemungkinan nanti jam 12 tengah malam baru bisa ditarik ke laut. Saat itu air laut sudah pasang," ujar Ketua Kelompok Pengawas Perikanan Bunaken Ance Bansaleh, beberapa saat lalu.

Dia mengaku, sebelumnya warga bersama tim patroli DPTNB telah berupaya keras mengevakuasi bangkai tersebut.

"Kami menggunakan tali dan perahu motor tapi tak bisa keluar juga. Percobaan sudah dua kali," timpalnya.

Dia memperkirakan, bangkai ikan besar itu terbawa arus dari Teluk Amurang. "Soalnya dari Teluk Amurang itu sudah berhadapan langsung dengan laut lepas," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5213 seconds (0.1#10.140)