4 Benda Pusaka di Museum Lapawowoi Digondol Maling

Senin, 25 Agustus 2014 - 19:09 WIB
4 Benda Pusaka di Museum...
4 Benda Pusaka di Museum Lapawowoi Digondol Maling
A A A
WATAMPONE - Sejumlah benda pusaka yang tersimpan di Galeri dalam Kompleks Museum Lapawowoi, di Jalan MH Thamrin, Kota Watampone, raib digondol maling, Senin dini hari tadi (25/8/2014).

"Peristiwa pencurian tersebut baru diketahui sekitar jam delapan pagi tadi, saat itu saya diberitahu oleh teman yang hendak masuk ke ruang galeri, tapi ternyata telah terbuka dan kunci pintu galeri itu telah dirusak, empat benda pusaka yang dipajang tidak lagi ditempatnya," kata Wanda (27) penanggung jawab galeri saat dikonfirmasi.

Wanda juga menyebutkan, beberapa benda pusaka yang digondol kawanan pencuri itu di antaranya tiga keris dan satu badik jenis gecong yang merupakan benda pusaka milik warga yang disimpan di galeri tersebut.

Sementara beberapa benda pusaka dan benda-benda seni lainnya, sambungnya, seperti replika Patung Arung Palakka, Songkok to Bone dan baju-baju khas bugis lainnya sepertinya tidak dilirik oleh maling tersebut, karena benda-benda tersebut utuh tidak tersentuh pencuri tersebut.

"Keris dan badik itu sudah dipajang kurang lebih seminggu, semua barang-barang itu masih lengkap dan utuh saya pajang di dinding hingga hilang tadi subuh," jelas Wanda.

Menurut dia, diperkirakan para pelaku memasuki areal museum dengan merusak pintu galeri Museum Lapawowi yang tergembok lalu beraksi mengambil benda pusaka itu dengan leluasa.

Bahkan keris dan badik pusaka pun tak luput dari incaran para maling itu. "Padahal keris dan badik itu titipan warga untuk dipajang di galeri ini," timpalnya.

Salah seorang pemilik benda pusaka tersebut, Sapriadi (26) mengatakan, sejak sepekan yang lalu menitip badik tua jenis gecong miliknya di galeri tersebut.

"Sebenarnya badik tersebut adalah benda pusaka milik keluarga saya, saya titip di geleri Museum Lapawowi tersebut untuk dipajang," ujarnya.

Bahkan Sapriadi tidak menyangka kalau galeri tersebut bakal dibobol maling. "Padahal saya dan beberapa teman-teman saya sering menginap ditempat ini, tapi justru tadi malam badik tersebut dicuri," ujar Sapriadi sambil menerangkan beberapa waktu yang lalu ada pihak yang menawar untuk membeli benda pusakanya itu.

Kanit SPKT Polres Bone, Aiptu JS Kamonto mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kasus pencurian benda pusaka di Galeri di Kompleks Museum Lapawowoi Watampone tersebut.

"Kemungkinan pelaku masuk melalui pintu dengan merusak kunci pintu, dari keterangan saksi diperkirakan pelaku melakukan aksinya pada tengah malam atau dinihari tadi," ujarnya.

Selain itu dilihat dari lokasi tempat penyimpanan benda pusaka tersebut yang dapat dilihat langsung melalui jendela kaca depannya ada kemungkinan pelaku telah mengetahui keadaan di TKP dan mengincar benda tersebut.

"Kami telah melakukan olah TKP dan saat ini keterangan saksi sementara kami terima, begitu juga dengan barang buktinya telah kami amankan, dan kasus ini sementara dilidik petugas termasuk mengejar pelaku pencurian," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2220 seconds (0.1#10.140)