Kaltim Waspada Virus Ebola

Selasa, 19 Agustus 2014 - 10:41 WIB
Kaltim Waspada Virus Ebola
Kaltim Waspada Virus Ebola
A A A
SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) siaga penyebaran virus Ebola yang datang dari luar negeri. Sejumlah petugas yang khusus mengawasi penyebaran virus menular dan mematikan itu pun disebar.

“Kami menyiapkan tenaga kesehatan di tiap bandara yang menjadi pintu masuk bagi warga asing, seperti di Sepinggan Balikpapan, Berau, dan Tarakan. Sudah ada petugas yang memeriksa kesehatan, terutama warga asing yang datang ke Kaltim,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Rini Retno Sukesih, kepada Selasa (19/8/2014).

Petugas yang berjaga juga sudah dibekali dengan pengetahuan tentang tanda-tanda orang yang diduga terinfeksi virus Ebola. Para petugas ini sudah tahu harus berbuat apa menghadapi orang asing yang terduga membawa virus Ebola.

“Untuk virus Ebola, semua pendatang dari luar negeri, terutama dari Afrika, akan diperiksa petugas medis di bandara. Karena penyebaran Ebola dimulai dari sana. Tapi kita tetap waspada terhadap semua pendatang asing,” terangnya.

Upaya sosialisasi juga dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim. Selain itu, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan lembaga kesehatan lintas negara untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus Ebola.

“Kita sudah ada kerjasama dengan lembaga kesehatan dunia, di mana saja daerah rawannya, sudah kita antisipasi. Seperti di pelabuhan dan bandara-bandara,” tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6822 seconds (0.1#10.140)