Kecelakaan di Jalur Maut, 2 Tewas

Kamis, 03 Juli 2014 - 21:24 WIB
Kecelakaan di Jalur Maut, 2 Tewas
Kecelakaan di Jalur Maut, 2 Tewas
A A A
PASURUAN - Hanya berselang sekitar dua jam, kecelakaan terjadi di dua jalur maut pantura yakni di Kecamatan Grati dan jalur Surabaya-Malang di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Kamis (3/7/2014).

Dua nyawa melayang akibat kecelakaan di Purwodadi dan enam orang lainnya luka berat. Sementara, kecelakaan di Grati mengakibatkan enam orang luka ringan dan luka berat.

Kecelakaan karambol di jalur Malang-Surabaya mengakibatkan kemacetan panjang di dua lajur tersebut. Kecelakaan ini disebabkan truk fuso nopol L 8145 LE bermuatan gula mengalami rem blong dan menabrak Mitsubisi Pajero, mobil sedan, dan dua sepeda motor yang berada di depannya.

Mobil Pajero nopol N 1436 BF yang dikemudikan Ainur Rofik (60), warga Surabaya, terpental ke lajur kanan. Saat bersamaan melaju truk yang mengangkut pakan ternak menabrak Pajero hingga kembali terpental ke lajur asalnya. Nahas, mobil Pajero ini kembali tertabrak truk fuso yang mengakibatkan pengemudinya tewas. Seorang pengendara sepeda motor yang belum diketahui identitasnya, juga tewas di lokasi kejadian. Sejumlah korban luka-luka yang dievakuasi di Puskesmas Purwodadi, akhirnya dirujuk ke RS Saiful Anwar Malang.

Menurut keterangan saksi korban, Antonius (30), saat itu ia tengah mengemudikan truk muatan pakan ternak dari Pasuruan menuju Malang. Saat melintas di tempat kejadian, sebuah truk fuso melaju kencang dari arah berlawanan. Truk yang diduga mengalami rem blong tersebut akhirnya menabrak mobil Pajero hingga terpental mengenai kendaraan yang ditumpanginya.

"Saya melihat truk fuso melaju kencang menabrak Pajero hingga terpental mengenai kabin truk. Benturan keras ini menyebabkan Pajero kembali terpental ke jalur asalnya dan ditabrak truk fuso itu lagi," kata Antonius.

Setelah menabrak dua mobil dan sepeda motor, truk fuso yang dikemudikan Catur Kurniawan (32), warga Nganjuk, terguling di badan jalan hingga muatannya tumpah. Beberapa saat sebelum kejadian, ia mengetahui rem truknya tidak berfungsi normal ketika melintas di jalanan menurun. Meski sudah berupaya mengurangi laju kendaraannya, truk ini akhirnya menabrak mobil yang berada di depannya.

"Rem tiba-tiba blong dan tidak berfungsi. Saya tidak bisa mengendalikannya," kata Catur yang ditemui di Mapolsek Purwosari.

Petugas Satlantas Polres Pasuruan yang tiba di lokasi kejadian, berusaha mengendalikan kemacetan arus lalu lintas dari dua lajur dengan mengevakuasi muatan truk yang tumpah di jalanan. "Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan. Dugaan sementara, kecelakaan ini disebabkan truk fuso mengalami rem blong," kata Kasat Lantas Polres Pasuruan AKP Untung BR.

Sementara itu, kecelakaan di jalur pantura, Kecamatan Grati, diduga karena kecerobohan sopir bus Akas jurusan Probolinggo-Surabaya. Sebuah truk yang mengangkut pisang yang melaju dari Probolinggo akan berbelok ke kanan. Meski sudah menyalakan lampu sein, bus Akas yang berada di belakangnya ngotot mendahului truk tersebut. Setelah terjadi tabrakan, kedua kendaraan berat ini akhirnya terperosok di bahu kanan jalan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7801 seconds (0.1#10.140)