Kampanye Antinarkoba Melalui Ular Tangga Raksasa

Jum'at, 20 Juni 2014 - 09:31 WIB
Kampanye Antinarkoba Melalui Ular Tangga Raksasa
Kampanye Antinarkoba Melalui Ular Tangga Raksasa
A A A
KENDAL - Permainan ular tangga biasanya berukuran kecil. Namun, di Kendal, Jawa Tengah, anak-anak Sekolah Dasar bermain ular tangga berukuran raksasa. Dan, ular tangga yang dimainkan ini bukan hanya papan kosong, namun berisi pesan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.

Papan permainan ular tangga yang satu ini memang ukurannya luar biasa, jauh lebih besar dari permainan ular tangga pada umumnya. Ukurannya mencapai 10x10 meter persegi dan dimainkan bukan dengan bidak, tetapi manusia.

Permainan juga tidak menggunakan dadu, melainkan menggunakan roda berputar yang diberi angka. Permainan ular tangga raksasa ini juga mengandung pesan positif bagi anak-anak, terutama generasi muda.

Di ular tangga raksasa ini, setiap kotak berisi pesan antinarkoba dan semangat untuk berprestasi. Permainan ini sengaja dimainkan anak-anak sebagai upaya pencegahan dini terhadap penyalahgunaan narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kendal Teguh Budi Santoso mengatakan, permainan ular tangga spektakuler ini merupakan terbesar di Jawa Tengah. "Sengaja dibuat raksasa agar anak-anak yang memainkan tidak jenuh dan bisa belajar mengenal jenis narkoba dan pencegahannya," ujarnya, Jumat (20/6/2014).

Sementara, bagi anak-anak yang memainkan ular tangga raksasa ini, permainan tidak membosankan. "Selain itu, pemain dalam ular tangga ini bisa belajar tentang narkoba dan pencegahannya," kata Bagas, salah seorang anak yang terlihat senang bermain ular tangga raksasa.

Ular tangga raksasa ini dimainkan dalam rangkaian Hari Antinarkoba Internasional tingkat Kabupaten Kendal. BNN Kabupaten Kendal akan menyosialisasikan permainan ular tangga raksasa ini kepada anak-anak sebagai wahana pengenalan bahaya narkoba.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6457 seconds (0.1#10.140)