Sumsel Raih Green Province di Indonesia Green Award 5

Kamis, 19 Juni 2014 - 15:33 WIB
Sumsel Raih Green Province di Indonesia Green Award 5
Sumsel Raih Green Province di Indonesia Green Award 5
A A A
PALEMBANG - Provinsi Sumatera Selatan meraih gelar Green Province dalam ajang Indonesia Green Award ke 5 yang diadakan saat peluncuran Gerakan Indonesia Berlanjut dan Penganugrahan Indonesia Green Award ke-5 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Rabu 18 Juni 2014.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menerima perhargaan yang diberikan langsung Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman gusman.

Dalam sambutanya Chairman De La Tovi School CSR mengatakan, perubahan iklim yang semakin kencang menuntut kolaborasi dalam pemerintah, masyarakat dan perusahan.

Dirinya mengajak semua pihak harus berjuang bersama-sama untuk menaikan harkat hidup yang bertumpu pada keseimbangan perencanaan ekonomi dan lingkungan agar dapat diraih.

Gerakan Indonesia berlanjut sendiri atas dasar inisiatif dari La Tovi School of CSR mengajak semua pemangku kepentingan agar peduli dan mau bekerjasama untuk memperbaiki krisis lingkungan demi kelangsungan Indonesia.

”Gerakan Indonesia berlanjut memberi lima pesan, yaitu jangan takut banjir, lakukan sesuatu agar banjir tidak datang, bersepedalah sebisa mungkin, tanam lebih banyak pohon, buat sumur resapan di halaman, dan kelola sampah anda, sadar jejak karbon adalah awal yg baik untuk mendamaikan lingkungan,” ujar La Tovi.

Ketua DPD Irman Gusman, menilai gerakan ini sebagai inisiatif yang patut dihargai. “Gerakan Indonesia berlanjut tumbuh dari masyarakat yang mengingikan Indonesia tetap ada, tidak hilang dari peta politik karna gugusan pulaunya yang berlangsung hilang akibat perubhan iklim, " kata Irman.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Pengembangan Daerah Kementerian Dalam Negri M Marwar pada kesempatan yang sama mengatakan, menyelamatkan daerah dari kehancuran lingkungan harus dilakukan oleh segenap pemangku kepentingan di daerah.

”Sebagai koordinator pembangunan daerah, kami mendorong upaya untuk memastikan terjadinya kelestarian lingkungan agar Indonesia tidak kehilangan daya dukungannya terhadap kehidupan,” ujarnya.

Peluncuran Gerakan Indonesia Berlanjut ditandai pengukuhan Happy Salma sebagai duta Gerakan Indonesia Berlanjut.

Happy mengatakan dirinya peduli terhadap keberlangsungan manusia indonesia dalam konteks lingkungan hidupnya. ”Indonesia menurutnya akan tetap ada apabila daya dukung lingkungan tetap kita perhatikan,ini semua perlu disampaikan kepada semua pihak, agar kita bisa bekerjasama untuk mewujudkannya”, kata happy.

Sebagai duta, Happy Salma akan mengkampanyekan kepedulian terhadap lingkangan melalui kiprahnya sebagai insan dan aktivis sosial.

Usai peluncuran Gerakan Indonesia berlanjut, La Tovi School of CSR menganugrahkan Indonesia Grand Award (IGA) 2014 kepada 132 inspirator dan pegiat pelestarian alam yang berasal dari kalangan pemerintah daerah, perusahaan, BUMN, perguruan tinggi, sekolah, LSM, dan komunitas.

Mereka telah dinyatakan layak mendapatkan penghargaan oleh Tim Penilai IGA 2014 yang diketuai oleh Guru Besar Manajemen Lingkungan SBM-ITB Prof Suma Tjahja Djadjadinigrat .

Tim penilai IGA 2014 menetapkan. Provinsi Sumatera Selatan sebagai Green Province yang diterima langsung oleh Gubernur H Alex Noerdin. selain Sumsel Daerah yang mendapatkan Grean Provinsi diantaranya Provinsi Jambi, Maluku dan Nusa Tenggara Barat.

Green Province merupakan upaya pemerintah provinsi dalam meningkatkan kualitas lingkungan melalui berbagai kebijakan dan inisiatif. Indikatornya antara lain, peningkatan pencapaian luas dan kualitas kawasan lindung.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4314 seconds (0.1#10.140)