Menpora Setujui Kongres KNPI di Papua

Rabu, 11 Juni 2014 - 07:03 WIB
Menpora Setujui Kongres KNPI di Papua
Menpora Setujui Kongres KNPI di Papua
A A A
JAYAPURA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menyambut baik rencana Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) XIV pada Oktober berlangsung di luar Jawa.

Menurut Roy, pihaknya pada prinsipnya menyetujui tempat pelaksanaan kongres KNPI tersebut di luar Jawa, baik di Provinsi Papua maupun di Aceh.

"Saya secara pribadi senang kalau Kongres KNPI XIV pada Oktober mendatang diadakan di Provinsi Papua asal keputusannya dilakukan secara demokratis dan floor," kata Menpora Roy Suryo ketika dihubungi Sindonews, Selasa malam, 10 Juni 2014.

Bahkan pemilik puluhan Mercy antik ini juga menyatakan akan berkunjung ke Papua dalam waktu dekat ini. "Ya saya akan ke Provinsi Papua untuk nonton bareng Piala Dunia bersama para pemuda dan warga disana, " ujar Roy.

Namun, Ketua DPP Partai Demokrat ini juga menyayangkan jika rumor tentang politik uang mengenai pemilihan tempat Kongres KNPI benar adanya. "Ya mudah-mudahan hanya isu dan rumor saja, " timpal Roy.

Menurut Roy, dia mengapresiasi setiap kegiatan pemuda yang berguna bagi kemajuan bangsa ke depan. Karena pemuda merupakan tulang punggung kemajuan bangsa di masa mendatang.

Sementara itu Ketua DPP KNPI Korwil Papua Arnold Udam menampik adanya politik uang dalam penentuan tempat Kongres KNPI XIV di Papua.

Menurut Arnold, penetapan Provinsi Papua menjadi tuan rumah Kongres Pemuda 2014 murni secara konstitusional lewat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KNPI di Bandung, termasuk dalam Rakernas KNPI di Lombok.

"Tidak ada politik uang dalam penentuan lokasi Kongres di Papua. Kami menetapkannya sesuai dengan AD/ART yang berlaku. Politik uang itu haram bagi kami, " kata Arnold.

Menurut dia, pemuda Papua, memang sudah tiga kali mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah kongres KNPI namun selalu saja gagal.

Namun kali ini, lanjut Arnold, tujuan mulia dari para pemuda yang tergabung dalam KNPI ini berhasil menetapkan Papua sebagai tempat pelaksanaan kongres.

"Papua ingin mencatat sejarah sebagai salah satu daerah yang siap menyelenggarakan Kongres KNPI di luar Jawa. Itu point yang paling penting, " timpal anak muda asli Papua ini.

Sebelumnya dalam Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) KNPI di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung, Jawa Barat ditetapkan Provinsi Papua menjadi tuan rumah Kongres Pemuda 2014.

Keputusan ini direspon secara positif Gubernur Papua, Lukas Enembe dengan memberi dukungan dan menyediakan faslitas yang berkaitan dengan kongres tersebut.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5088 seconds (0.1#10.140)
pixels