Irigasi Tertimbun Longsor, Dinas Pertanian Sinjai Pasang Pipa

Jum'at, 23 Mei 2014 - 16:45 WIB
Irigasi Tertimbun Longsor, Dinas Pertanian Sinjai Pasang Pipa
Irigasi Tertimbun Longsor, Dinas Pertanian Sinjai Pasang Pipa
A A A
SINJAI - Menyikapi bencana longsor yang memutus jaringan irigasi sepanjang 110 di Desa Palangka, Kecamatan Sinjai Selatan, pihak Dinas Pertanian bersama warga akan melakukan pemasangan pipa.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sinjai M Jamil. Menurutnya, pipa yang dipasang adalah pipa berukuran 12 inci sebanyak 12 batang yang diharapkan mampu menyuplai air dari hulu Sungai Apareng ke lahan pertanian warga. "Insya Allah hari ini Jumat kami bersama warga akan melakukan pemasangan pipa ukuran 12 inci sebanyak 12 batang, mudah-mudahan bisa jadi solusi sementara bagi petani," ujar M Jamil, Jumat (23/5/2014).

Sementara itu, Dandim 1424 Sinjai Letkol Infanteri Maskun Nafik mengatakan, sejak awal sejak terjadinya longsor, pihaknya telah menyarankan kepada pemerintah daerah untuk membangun jaringan pipa sementara hingga perbaikan jaringan irigasi Apareng 3 bisa dilakukan. Menurutnya, pemasangan pipa tersebut harus memperhatikan kekuatan penyangga pipa, untuk menahan besarnya tekanan air yang melewati pipa tersebut.

"Pihak pertanian harus memperhatikan kekuatan penyangga yang akan menahan pipa tersebut, karena tekanan air yang melewati pipa tersebut sangat besar, apalagi dikhawatirkan masih terjadi longsor susulan yang bisa merusak pipa tersebut," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, tanah longsor menutup saluran irigasi Apareng 3 di Dusun Pao-pao, Desa Palangka, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Longsor terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras Rabu (14/5/2014).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7048 seconds (0.1#10.140)