2 Remaja Pencuri Kabel Telkom Dibekuk

Kamis, 22 Mei 2014 - 14:28 WIB
2 Remaja Pencuri Kabel Telkom Dibekuk
2 Remaja Pencuri Kabel Telkom Dibekuk
A A A
POLEWALI - Kelompok spesialis pencuri kabel ditangkap aparat kepolisian Polsek Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Selain mengamankan dua orang dari enam pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa kabel sepanjang 50 meter dan mobil yang digunakan untuk melakukan aksi.

Sepak terjang AS dan NM, keduanya berusia 18 tahun, harus terhenti. Kedua pencuri spesialis kabel Telkom ini ditangkap aparat kepolisian saat beraksi di Desa Mirring, Kecamatan Binuang, Kamis (22/5/2014) dini hari. Sementara, empat pelaku lainnya kabur saat ketahuan petugas sedang melakukan aksi pencurian.

Terungkapnya kasus ini atas laporan warga yang curiga dengan sekelompok remaja memanjat tiang dan memotong kabel dini hari tadi. Polisi yang datang ke tempat kejadian perkara langsung meringkus para tersangka, berikut kabel milik Telkom sepanjang 50 meter. Para pelaku diketahui merupakan warga Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Kelompok spesialis pencuri kabel ini bahkan telah melakukan aksinya dalam dua hari di empat kabupaten di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Dari tangan tersangka, petugas berhasil menyita 100 kilogram isi kabel yang merupakan tembaga serta 50 meter kabel utuh. Selain itu, petugas juga menyita satu unit mobil Toyota Avanza yang digunakan pelaku saat melakukan aksinya di sepanjang jalan lintas Sulawesi.

Menurut salah satu tersangka, bagian dalam kabel berupa tembaga akan dijual dengan harga Rp50 ribu per kilogram. Hingga kini, petugas masih melakukan pengejaran kawanan pencuri lainnya yang berhasil kabur. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka meringkuk di tahanan Mapolsek Binuang.

Menurut pihak Telkom yang juga meninjau lokasi pencurian kabel. Akibat peristiwa ini, jaringan komunikasi milik Telkom terganggu. Begitupun jaringan Speedy untuk wilayah Polewali Mandar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5202 seconds (0.1#10.140)