Angka kecelakaan di Boyolali masih tinggi

Senin, 12 Mei 2014 - 17:47 WIB
Angka kecelakaan di Boyolali masih tinggi
Angka kecelakaan di Boyolali masih tinggi
A A A
Sindonews.com - Kecelakaan lalu lintas di Kabupatehn Boyolali masih tergolong tinggi. Pada triwulan pertama 2014 ini, angka kecelakaan di Kota Susu ini mencapai 146 kasus.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Boyolali Ajun Komisaris Polisi (AKP) Alil Rhinenggo mengatakan, dari jumlah kasus tersebut, korban luka-luka mencapai 175 orang. Sedangkan korban meninggal dunia mencapai 19 orang. Untuk kerugian material mencapai Rp46,3 juta.

Jumlah kasus periode pertama ini, menurutnya mengalami penurunan, dibanding dengan periode pertama tahun sebelumnya. Pada peridoe pertama tahun lalu, jumlah kasus sebanyak 154, dengan korban meninggal 21 orang. “Ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya, waktu itu korban luka-luka mencapai 177 orang,” ucapnya, Senin (12/5/2014).

Banyaknya kecelakaan yang terjadi di Boyolali, disebabkan beberapa faktor. Seperti tidak menaati peraturan lalu lintas, penggunaan alat keselamatan, dan tidak mematuhi batas kecepatan yang ditentukan.

“Banyak yang lalai dan kurang berhati-hati saat melintas, selalu memacu kencang dan akhirnya berujung pada kecelakaan,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang Guru di salah satu sekolah di Boyolali, Kunto Suwarno mengatakan, banyaknya anak sekolah yang menggunakan kendaraan bermotor juga mempengaruhi terjadinya kecelakaan.

Menurutnya, anak-anak sekolah yang nekat membawa motor penyumbang terbesar angka kecelakaan. Dalam kondisi tersebut, pihak sekolah tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya, mereka menititipkan kendaraan di sekitar sekolah.

“Kita sudah melarang untuk tidak membawa kendaraan mereka, namun nyatanya kendaraan dititipkan, kami minta agar kepolisian menindak tegas mereka,” ucapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7065 seconds (0.1#10.140)